Prasasti Perpustakaan Daerah Batusangkar Diserahkan oleh M.Sadiq Pasadigoe kepada Kepala Dinas

Batusangkar, Jurnal Minang. Guna mengenang sejarah masa berdirinya Perpustakaan Gunung Bungsu di Batusangkar, mantan Bupati Tanah Datar periode 2005 s/d 2015 M.Shadiq Pasadigoe, Selasa 23/4-2024 menyerahkan prasasti sejarah perpustakaan kepada Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Datar, Thamrin Basroel ,ST.

Prasasti yang diukir dalam tulisan di atas batu keramik berbunyi Bangsa yang berjuang tidak mengenal akhir, pemuda pemuda Indonesia yang belajar dan mendapat latihan berdisiplin keras di kaki Gunung Bungsu tahun 1943-1945 mendirikan perpustakaan ini untuk dimanfaatkan masyarakat Batusangkar, sebagai tanda terima kasih, pendorong dan pemberi Ilham, khususnya generasi penerus Batusangkar, 10 Nop 1988 Alumny Ko A.Kunrazyo Jokyu Kanri Gakko Gunsen Gakko An mereka A.Rahman Ramli.

Para alumni Ko A.Kunrazyo Jokyu Kanri Gakko Gunsen Gakko diantaranya Mantan Menteri Koperasi Bustanil Arifin, Mantan Direktur Pertamina A.R.Ramli, M.Pangabean, mantan Gubernur Riau, Arifin Ahmad, Nurmatias, Mantan Dubes Syiria, Zailin Tamin.Sebelumnya mereka bersekolah di Bukittinggi dan akhirnya pindah ke Batusangkar.

M.Shadiq Pasadigoe yang juga Caleg anggota DPRD RI priode 2024 s/d 2029 terpilih dari partai Nasdem mengucapkan terimakasih kepada alumni Ko A.Kunrazyo Jokyu Kanri Gakko Gunsen Gakko yang peduli terhadap kemajuan pendidikan di Tanah Datar.

Belum ada Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di Tanah Datar, alumni Ko A.Kunrazyo Jokyu Kanri Gakko Gunsen Gakko sejak tahun 1988 sudah memikirkan perlunya perpustakaan demi kemajuan masyarakat Batusangkar, katanya.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Datar, Thamrin Basroel, ST mengucapkan terimakasih atas prasasti yang diserahkan oleh M.Shadiq Pasadigoe, nantinya prasasti tersebut akan dipajang di tempat yang strategis sehingga para pengunjung mengerti sejarah berdirinya perpustakaan di Batusangkar.

Kunjungan para siswa SLTA, SLTP, dan SD cukup tinggi ke Perpustakaan karena tempatnya yang strategis dan nyaman, paling tidak sekitar 150 orang perhari datang berkunjung, katanya. (Kasdi RayRed.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  DPRD Tanah Datar Gelar Paripurna RAPBD th 2024, Daerah Sepertinya Defisit, Apa yang Harus Dihemat?