Pelebaran Jalan dan Jaringan Internet Jadi Perioritas Pada Musyawarah Nagari Atar

Atar, Jurnal Minang.com. Musyawarah Nagari (Musna) Nagari Atar, memprioritaskan Jaringan Internet dan Pendaman Jalan Jorong Taratak Delapan perbatasan dengan Jorong Taratak Dua Belas, serta pelebaran Jalan Provinsi Lintau ke Batusangkar. 

Hal tersebut disampaikan Wali Nagari Atar, Halyu Pardi saat Musyawarah Nagari (Musna) Nagari Atar di SDN 01 Nagari Atar, Kabupaten Tanah Datar pada Rabu (26/7). 

Di Musna hari ini kita usulkan yang paling perioritas utama, yaitu Pendaman Jalan Jorong Taratak Delapan yang berbatasan dengan Jorong Taratak Dua Belas dan jaringan Internet yang akan dimasukan dalam RKP Nagari tahun 2024.

“kita sudah sampaikan kepada bapak Bupati Eka Putra supaya beliau sampaikan ke Gubernur, karena Jalan ini Jalan Provinsi,” Kata Wali Nagari. 

Dan Alhamdulilah Gubernur Sumbar sudah merespon itu, terimakasih
kepada bapak Bupati yang telah menerima usulan kita. Malahan waktu Bupati akan pergi menemui Gubernur beliau sempatkan juga malam malam mampir di Nagari Atar untuk menanyakan pelebaran jalan ini, ujar Halyu Pardi lagi. 

Ketua Tim fasilitasi Kabupaten yang diwakili Kabid Keluarga  Berencana (KB) PMDPPKB Syafriwal, dalam arahannya menyampaikan Musna Nagari merupakan agenda rutin BPRN difasilitasi pemerintah nagari. Sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan desa.

Sementara untuk penyusunan RPJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) dan RKP (Rencana Kerja Pembangunan) diatur dengan peraturan Bupati Tanah Datar nomor 23 tahun 2019 tentang petunjuk tekhnis penyusunan RPJM Nagari dan RKP.

“Musyawarah nagari berfungsi untuk menyepakati hal-hal yang bersifat strategis. Hasil Musna menjadi pedoman bagi pemerintah nagari dalam menyusun RKP dan DURKP. Dalam Musna membahas hal- hal antara lain mencermati ulang dokumen, membentuk tim verifikasi” Ucap Syafriwal PMDPPKB. 

Baca Juga :  Satu Unit Sepeda Motor Hangus Terbakar di Kota Pariaman

Saat tanya jawab, Ismail Kepala Sekolah SDN 08 Taratak Delapan mengusulkan pembuatan pagar depan dan belakang sekolah serta tempat Ibadah (Mushola) anak-anak dan Guru untuk beribadah. 

Musyawarah Nagari ini dibuka oleh Ketua BPRN turut hadiri Ketua Tim Fasilitasi Kabupaten, Anggota DPRD Tanah Datar, tenaga Ahli Pemberdayaan masyarakat Desa Korkob. Delain Pajri,, S.S.I, Kabid perdagangan Koperindag Yorry Irawan, OPD terkait, UPT Sekolah, Forkopinca Kecamatan Padang Gantiang, Wali Nagari Atar, Wali Jorong se-Nagari Atar, Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan undangan lainnya. (Kasdi Ray/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email