Malam Grand Final Duta Genre Tanah Datar Berlangsung Meriah

Batusangkar, Jurnal Minang. Sejumlah 30 Orang Finalis ikuti Malam Grand Final Pemilihan Duta Genre Kabupaten Tanah Datar tahun 2024 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Eka Putra, SE. MM dengan tema, “bermimpi besar, taklukan tampa pudar, “Untuk Masa Depan yang Bersinar” di Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo Batusangkar Sabtu (20/04). 

Ketua Pelaksana pemilihan Genre PMDPPKB, Abdurrahman Hadi, S.STP, M.Si menyampaikan, dalam rangka merespons permasalahan remaja, pemerintah malalui BKKBN mengembangkan Program Generasi Berencana (GENRE) yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan. 

“Pendidikan berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah, dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi yaitu 21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki,” tuturnya.

Program Genre merupakan wadah untuk mengembangkan dan mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda, dengan mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan napa guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa. 

Meningkatkan pengetahuan, sikap dan prilaku yang positif dalam pengembangan diri yang berkarakter dan berintegritas, baik di kalangan remaja/mahasiswa maupun masyarakat dalam mempromosikan dan mensosialisasikan program GenRe, Ujar Abdurrahman Hadi. 

Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat, Fatmawati, ST, M.Eng mengatakan, Grand Final Pemilihan Duta Genre tahun 2024 Kabupaten Tanah Datar malam ini dilaksanakan dengan sangat meriah, walaupun saya dengar tadi dari Bupati bahwasanya pendanaan untuk Grand Final Duta Genre sudah mengalami refocusing, tapi kalau saya lihat dengan panggung yang megah sangat bagus ini saya rasa tidak kalah dengan yang diadakan di Hotel. 

Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada Bupati Eka Putra dan ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, beserta Kadis PMDPPKB yang telah memfasilitasi pemilihan Grand Final Duta Genre di Tanah Datar ini, kami melihat bahwasanya dukungan Bapak Bupati untuk kegiatan anak-anak remaja ini disusun dengan rapi dan terencana di Kabupaten Tanah Datar secara optimal. 

Baca Juga :  Bupati Tanah Datar Paparkan Sejarah Bajak Gratis di Depan Tim Penilai Nasional

“BKKBN secara maksimal telah menyiapkan generasi muda yang sehat, terhindar dari berbagai masalah remaja dan menjadikan remaja yang produktif tentunya berkualitas dan mampu mewujudkan demokrasi untuk Indonesia Emas tahun 2045 mendatang,” kata Kepala BKKBN Fatmawati. 

Bupati Tanah Datar Eka Putra sebagai Ayah Genre menyampaikan, seperti yang disampikan Kepala BKKBN, acara Grand Final Duta Genre hari ini, karena reko memaksakan anggaran tetapi tetap dilakukan dengan kesederhanaan di Gedung Nasional, akan tetapi menurut ibuk Fatmawati ini cukup bagus susunannya yang penting tampilan anak-anak nanti itu yang terpenting. 

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat menyukseskan acara ini, terima kasih juga kepada orang tua dan guru yang telah memotivasi anaknya untuk hadir pada malam ini, sebenarnya kegiatan ini sudah rutin setiap tahun dilaksanakan kemudahan-kemudahan anak-anak kita nanti yang akan menjadi generasi tangguh taat kepada Allah Subhanawata’alla.

Saya menghimbau khusus nya kepada anak generasi muda untuk siap menjadi figur Mahasiswa yang beretos kerja, berintegritas, serta berjiwa gotong royong untuk menjadi rol model dan teladan bagi lingkungan dan teman-teman sebayanya, juga siap menjadi mahasiswa remaja berakhlak dan berbudi pekerti luhur bertaqwa kepada Allah SWT,” Ucap Bupati Eka Putra. 

Hadir saat itu Bupati Eka Putra bersama Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Barat Fatmawati, ST, M.Eng, Kadis PMDPPKB Abdurrahman Hadi, M.Si serta Sekretaris PMD Heru Rahman, S.STP, OPD terkait, Kadis Pertanian Sri Mulyani , Kepala Kesbangpol Herison, Camat Rambatan, Camat lintau Buo Utara, Camat Padang Ganting dan undangan lainnya. (Kasdi Ray/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email