Koperasi Gema Tani Saiyo Lima Kaum Gelar RAT, SHU Meningkat Tajam

Limo Kaum, Jurnal Minang. Rapat Anggota Tahunan Koperasi Unit Desa Gema Tani Saiyo Lima Kaum, Baringin tahun buku 2023 berlangsung Sabtu 2 Maret 2024 di aula kantor Wali Nagari Limo Kaum.
KUD Gema Tani Saiyo yang berdiri sejak tahun 1982, pada RAT tahun buku 2023 memperoleh SHU sebesar Rp32.160.696.- naik dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya memperoleh SHU Rp9.619.286. Jumlah anggota yang aktif per 31 Des 2023 sejumlah 31 orang keluar 2 orang.

Ketua KUD Gema Tani Saiyo Syaiful.S menjelaskan koperasi adalah suatu badan usaha yang bergerak di bidang perekonomian kerakyatan yang berazaskan kekeluargaan, koperasi adalah badan usaha yang berbadan hukum dan dilengkapi dengan AD/ART.

Bidang usaha yang dilakukan KUD GTS yaitu penagihan rekening listrik, Rice Miling Unit, simpanan P3KUM, serta mengontrakkan kedai milik KUD.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Tanah Datar yang diwakili Aprina, SP dalam kesempatan tersebut mengatakan KUD Gema Tani Saiyo diharapkan dapat menambah jumlah anggota koperasi yang taat azas, yaitu patuh dengan membayarkan hak dan kewajiban.

Berdasarkan laporan pengurus dulunya jumlah anggota mencapai 213 orang, namun karena sudah banyak yang meninggal dunia, pindah alamat, dll, jumlah anggota akhirnya berkurang.

Pada kesempatan tersebut Pengurus KUD GTS bertekad akan menambah jumlah anggota yang taat azas koperasi, sehingga diharapkan koperasi sebagai Soko Guru perekonomian dapat terlaksana dengan baik. (Kasdi Ray/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Peringati 11 th Partai Nasdem, Puluhan Tokoh Tumpah Ruah di Kantor DPD Nasdem Tanah Datar