Kontingen UIN Batusangkar Borong Berbagai Penghargaan pada Ajang ‘National Moot Court Competition’

Kerinci, Jurnal Minang.com. Kontingen Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar berhasil meraih prestasi gemilang pada ajang National Moot Court Competition (SF-NMCC) atau kompetisi peradilan semu tingkat nasional. Kompetisi Peradilan Semu tingkat nasional yang ke 5 ini diadakan di IAIN Kerinci tanggal 25-29 September 2023 yang diikuti Fakultas Syari’ah dan Hukum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se- Indonesia.

Event yang dilaksanakan setiap tahun untuk mempertandingkan kemahiran mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum antar PTKIN Se- Indonesia dalam praktik beracara di Pengadilan.
Adapun juara yang direbut delegasi peradilan semu Fakultas Syariah UIN Mahmud Yunus Batusangkar yakni, Juara I Pemeran Mediator, Juara III Pemeran Pihak Tergugat Terbaik dan Juara II Pendamping Terbaik.

Secara terpisah, Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc menyampaikan apresiasi atas keberhasilan delegasi UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang telah mereka persembahkan pada ajang (SF-NMCC) kompetisi peradilan semu tingkat nasional, yang berlangsung di IAIN Kerinci.

Lebih lanjut Prof. Marjoni menyampaikan bahwa UIN Mahmud Yunus Batusangkar terus memberikan ruang kepada seluruh mahasiswa untuk berkreatifitas di bidang apapun. Salah satunya mengikuti setiap event – event nasional maupun Internasioanal.
“Kami sediakan fasilitas di kampus, baik itu kegiatan akdemik, keagamaan, olahraga, dan lainnya. Setiap kegiatan positif itu sangat kami dukung” ujar rektor.

Sementara itu, Dekan Fakultas Syari’ah UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Dr. H. Zainuddin, M.A mengungkapkan “Alhamdulillah, atas nama pimpinan fakultas saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tim peradilan semu mahasiswa Fakultas Syari’ah UIN Mahmud Yunus Batusangkar.
“Kepada juara yang berhasil semoga semakin menambah motivasi ke depan untuk mempersiapkan ke tingkat yang lebih tinggi. Terima kasih atas usaha dan kerjasamanya,’ tutup Dekan.

Baca Juga :  Bupati Hadiri Peringatan Isra' Mi'raj dan Luncurkan Program KAN dan Ulama Turun ke Sekolah di Salimpaung

Wakil Dekan III Fakultas Syari’ah Dr. H. Kamaluddin, M.A dan tim pelatih Deri Rizal, MA, menerangkan jumlah delegasi yang kita berangkatkan pada event ini sebanyak 16 mahasiswa pada Fakultas Syari’ah UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

“Sebelumnya delegasi Fakultas Syari’ah UIN Mahmud Yunus Batusangkar menjadi semifinalis bersama 10 Fakultas lain yakni, UIN KH. Achmad Sadiq Jember, UIN Raden Patah Palembang, UIN Banten, UIN ar-Raniry Aceh, UIN Langsa, UIN Ponorogo, UIN Purwokerto, IAIN Kediri, IAIN Metro Lampung & UIN Raden Intan Lampung“ tutup wadek III. (Doni/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email