Dinas Dikbud Tanah Datar Gelar O2SN dan FLS2N Tingkat SMP se-Tanah Datar

Tanah Datar, Jurnal Minang. Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Pendidikan setempat gelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2024.

Ketua Pelaksana yang juga Kepala Bidang Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Efri Dedi mengatakan kegiatan O2SN dan FLS2N tersebut dilaksanakan selama empat hari dan diikuti 57 SMP Negeri dan Swasta di Tanah Datar.

Dijelaskan, terdapat lima cabang olahraga dalam O2SN dan enam cabang olahraga dalam kegiatan FLS2N tahun 2024 ini.

“Diharapkan melalui acara ini bisa meningkatkan kompetensi siswa dan keterampilan siswa. Siswa yang terbaik akan mewakili Tanah Datar ke tingkat Provinsi dan semoga bisa terus berlanjut ke tingkat nasional,” kata dia.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan Agusril, yang mewakili Bupati Tanah Datar, berharap pelaksanaan O2SN dan FLS2N jangan hanya berorientasi pada kejuaraan saja tetapi juga pada nilai pendidikan.

“Memang benar acara ini ajang kompetisi, tapi dibalik itu semua pada dasarnya ajang pembelajaran terutama dalam olah pikir, olah hati, dan olah rasa serta pengembangan sikap keperibadian siswa seperti sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas, dan toleransi,” kata Agusril.

Dia melanjutkan, kalah atau menang pada acara tersebut bukanlah tujuan, tapi jadikalah motifasi dalam menggapai tujuan dan cita cita dimasa depan..

Dia menyebut, sebagai pemerintah daerah maupun pribadi menyambut baik terselenggaranya acara O2SN dan FLS2N tahun 2024 di Tanah Datar.

Karena kegiatan itu juga menjadi momen yang tepat dan sangat berharga bagi pelajar untuk berkreasi, berinovasi, berprestasi, dan berkompetisi secara sehat dan memberikan pengalaman belajar yang baik.

“Diimbau kepada semua pihak, staf dan official, pelatih untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan sportifitas selama bertanding,” kata dia. (Kasdi Ray/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Sebanyak 113 Keltan di Tanah Datar Terima Bantuan Pompa Air