Bupati bersama Ketua TP PKK Ny.Lise Eka Putra Temu Kader di Tiga Kecamatan

Batipuh, Jurnal Minang. Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra bersilaturahmi dan temu kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Jorong (PPKBJ) dan Sub PPKBJ se Kecamatan X Koto, Batipuh dan Batipuh Selatan.

Kegiatan yang dilaksanakan Rabu (3/4/2024) di aula Kantor Camat Batipuh juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis bantuan baju dan dana transportasi kader PPKBJ.

Kepala Dinas PMDPPKB Abdurahman Hadi menyampaikan, kader yang hadir dari 3 kecamatan itu berjumlah 182 orang.

“Kader PPKBJ dibentuk melalui SK Bupati setiap tahun dan untuk se Kabupaten Tanah Datar berjumlah 1.000 orang. Sedangkan untuk Kecamatan X Koto berjumlah 83 orang, Batipuh 66 orang dan Batipuh Selatan 33 orang,” ujarnya.

Disampaikan Abdurahman Hadi, untuk dana transport bagi kader PPKBJ tahun 2024 mengalami kenaikan sebesar 50%. Dimana nantinya kader bertugas untuk membantu pelaksanaan program Bangga Kencana dan program kependudukan lainnya.

“Alhamdulillah tahun 2024 dana transport untuk kader PPKBJ sesuai arahan dan persetujuan pak Bupati dinaikan 50%, dimana awalnya Rp50 ribu menjadi Rp75 ribu per bulan, dan hari ini diserahkan dari Januari sampai Maret ditambah seragam kader dan jilbab,” sampainya.

Selepas itu Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada seluruh kader PPKBJ dan Sub PPKBJ yang telah bekerja keras sebagai ujung tombak di daerah masing-masing.

“Kalau dilihat nilainya tentu belum sebanding dengan apa yang dilakukan para kader. Namun, Saya harap nilai dari niat, karena ketika awalnya biaya transport Rp35 ribu per bulan, segera Saya tegaskan kepada pak Kadis untuk meningkatkannya, dan Alhamdulillah saat ini sudah meningkat lebih 100%. Dan Insya Allah akan kita tingkatkan secara bertahap ke depannya,” sampainya.

Baca Juga :  Pemkab Tanah Datar Siap Tempuh Upaya Hukum Terkait Penyelesaian Sengketa Lahan SMPN 2 Batusangkar

Bupati berharap kader PPKBJ disamping menjadi pelaksana program untuk ketahanan keluarga juga menjadi corong informasi program pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Daerah.

“Sebagai ujung tombak dan bersentuhan langsung dengan masyarakat, Saya berharap kader juga berperan untuk menjadi corong informasi yang akurat untuk menghilangkan berita tidak benar atau hoaks. Serta menjadi sumber dan penyampai informasi program inovasi Pemerintah Daerah, seperti Berobat Gratis di RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar, sehingga banyak masyarakat yang tahu dan terbantu dengan program ini, selain Program Unggulan lainnya,” tukasnya.

Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra menyampaikan terima kasih atas kehadiran serta perhatian Bupati untuk meningkatkan dana transport untuk kader PPKBJ.

“Alhamdulillah, pak Bupati telah meningkatkan dana transport bagi kader PPKBJ, terima kasih pak, dan tentunya tahun selanjutnya diharapkan terus ditingkatkan lagi,” sampainya.

Diungkap Lise, kader PPKBJ merupakan salah satu ujung tombak Pemerintah Daerah dalam melaksanakan tugas-tugas kependudukan dan keluarga berencana.

“Kader PPKBJ bertugas untuk turut menurunkan angka stunting, cegah pernikahan dini dan lainnya berkaitan untuk kesehatan keluarga. Dan, seperti arahan pak Bupati ke depan kader diharapkan juga menjadi penyampai informasi yang benar dan akurat kepada masyarakat, ” pungkasnya.

Turut hadir Camat Batipuh, Camat Batipuh Selatan, Camat X Koto bersama masing-masing ketua TP PKK Kecamatan, Forkopimca Batipuh, dan undangan lainnya. (Kasdi Ray/Red. JM)

Print Friendly, PDF & Email