Tanah Datar, Jurnal Minang. Dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Kantor Pertanahan Kabupaten Tanah Datar melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap petugas loket layanan pada Senin, 21 April 2025. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Subbagian Tata Usaha, Randi Nurista, S.Ak., M.M., yang didampingi oleh Analis SDM Aparatur Pertama, Jaka Marda, S.E.
Monitoring dan evaluasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa layanan yang diberikan kepada masyarakat berjalan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).
Dalam kesempatan tersebut, Randi Nurista berdialog langsung dengan para petugas loket untuk mendengarkan berbagai kendala yang mereka hadapi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Diskusi berlangsung dalam suasana terbuka dan solutif, dimana berbagai permasalahan dicari jalan keluarnya secara bersama.
Dalam arahannya, beliau menekankan pentingnya pelayanan prima kepada masyarakat, serta menjaga profesionalisme dan sikap responsif terhadap kebutuhan pemohon. Tak lupa, beliau juga mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan, kedisiplinan, serta sinergi antar petugas dalam menciptakan suasana kerja yang kondusif dan humanis.
Selain itu, Kasubag Tata Usaha juga menegaskan agar seluruh petugas loket senantiasa menerapkan prinsip 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun) kepada setiap pemohon layanan, sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan yang ramah dan bermutu.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Tanah Datar semakin profesional, responsif, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. (Kasdi Ray/Red.Jm)