Setelah Dibuka Gubernur, Ini Harapan Bupati Tanah Datar pada Kegiatan TMMD/N di Sungai Tarab

Sungai Tarab, Jurnal Minang. Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. berharap program Tentara Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) ke 120 yang berlokasi di Nagari Koto Tuo, Kecamatan Sungai Tarab akan memberikan multiplier effect bagi masyarakat sekitar.

Hal itu disampaikan orang nomor satu di Luhak Nan Tuo ini, pada upacara TMMD/N ke 120 yang sebelumnya telah resmi dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah, di Lapangan Amphibi, Jorong Sungai Tarab, Rabu (8/5/2024).

“Sasaran fisik di kegiatan TMMD/N pada tahun ini, ialah pembukaan jalan yang menghubungkan 3 nagari, yakni nagari Koto Tuo, nagari Sungai Tarab dan nagari Pasie Laweh. Serta, ada bedah rumah bagi masyarakat kurang mampu. Mudah-mudahan, semua berjalan lancar sehingga berdampak baik dalam mendukung kesejahteraan masyarakat,” ujar Bupati Eka Putra.

Bupati Eka Putra menambahkan bahwa selain pembangunan fisik, pembangunan non fisik berupa sosialisasi percepatan penururan stunting, sosialisasi keselamatan jalan, sosialisasi narkoba dan sebagainya, juga akan dilaksanakan selama program TMMD/N ke 120 berlangsung.

“Kami ucapkan terima kasih atas bantuan dan partisipasi seluruh pihak, untuk mendukung terlaksananya berbagai pembangunan baik fisik dan non fisik pada program TMMD/N ke 120. Dan, kami juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih ke jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI), mulai dari tingkat markas besar TNI (pusat) sampai ketingkat Kodim O307 Tanah Datar, yang telah memilih dan menetapkan Kabupaten Tanah Datar sebagai salah satu lokasi kegiatan TMMD tahun ini,” ujarnya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengatakan TMMD/N ke 120 sebagai implementasi dari kepedulian antar sesama. Sehingga dampak positif dari kegiatan tersebut secara langsung, dirasakan masyarakat nagari Koto Tuo khususnya dan kabupaten Tanah Datar umumnya.

Baca Juga :  Wabup Richi Aprian Sambut Tim DED Area Traffic Control di Indojulito

“TMMD/N ke 120 ini, merupakan progran lintas sektoral yang melibatkan banyak pihak, dengan tujuan meningkatkan akselerasi dalam pembangunan di daerah, guna meningkatkan taraf hidup masyarakat ke arah lebih baik,” ujar Mahyeldi Ansharullah.

Ia pun mengatakan TMMD/N ke 120 juga sebagai upaya memberdayakan masyarakat nagari dengan membangun atau merealisasi sarana dan prasarana yang berhubungan langsung terhadap kepentingan masyarakat secara umum.

“Semua kegiatan di TMMD/N ke 120, berasal dari aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah yang telah ditentukan. Sasaran TMMD/N meliputi fisik dan non fisik yang menjadi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Agus Priyo Pujo Sumedi, S.IP. M. Han dalam laporan kesiapan pelaksanaan TMMD/N ke 120 menyebutkan salah satu tujuan dari sekian banyak kegiatan tersebut, yakni memantapkan kemanunggalan TNI guna menciptakan suasana kondusif sehingga terwujud stabilitas keamanan dan sebagainya.

“Waktu terlaksananya kegiatan ini, dimulai dari pra TMMD/N di tanggal 8 April hingga 7 Mei 2024, pelaksanaannya dimulai dari tanggal 8 Mei hingga 6 Juni 2024. Dengan jumlah personil sebanyak 190 orang terdiri dari Satgas TMMD/N sebanyak 120 orang dan masyarakat sebanyak 40 orang per hari,” ujarnya.

Hadir pada saat itu, Kasrem 032/ WBR Kolonel Safta Ibralli, Forkpimda Pemerintah Provinsi Sumbar, Forkopimda Pemerintah Tanah Datar, Sekretaris Daerah Tanah Datar Drs. Iqbal Ramadi Payana, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Camat, Wali Nagari, Kan, BPRN, Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan Tokoh Masyarakat se Kecamatan Sungai Tarab. (Kasdi Ray/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email