Sebagian Jalan Yang Rusak di Tanah Datar Mulai Diperbaiki Jelang Lebaran

Batusangkar, Jurnal Minang. Secara bertahap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar terus melakukan berbagai pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada tahun 2024 ini, salah satunya adalah Penanganan Long Segment berupa pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, peningkatan/rekonstruksi untuk ruas jalan sepanjang 13.55 km dari Simpang Pasar Rabaa – Batu Banyak – Andaleh – Sabu – Simpang Sikaladi dengan total anggaran Rp. 7.2 Milyar melalui dana Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik anggaran tahun 2024.

Hal ini diungkapkan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, Senin (25/3/2024) saat penyerahan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi petani yang terdampak erupsi Gunung Marapi di Masjid Aqsha Nagari Sabu Kecamatan Batipuh.

“Jalur sepanjang lebih kurang 13.55 km ini merupakan jalur alternatif bagi masyarakat pengguna jalan ketika terjadi kemacetan, khususnya di saat libur lebaran. Terutama bagi masyarakat yang akan menuju Bukittinggi, Padang Panjang dan juga kota Padang,” ujarnya.

Menurut Bupati Eka Putra, ruas jalan ini perlu dilakukan peningkatan, karena selain sebagai jalur alternatif, juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai akses untuk mengangkut hasil pertanian mereka.

Selain ruas jalan tersebut, pada tahun ini Pemerintah Daerah Tanah Datar juga akan melakukan pelebaran ruas jalan Pangian Galupuang – Muaro Sangki sepanjang 2.7 km dan rekonstruksi ruas jalan Tambangan – Gunung Bungsu – Pincuran VII sepanjang 6.8 km.


Bupati Eka juga menambahkan di tahun 2024 ini juga akan dilakukan rekonstruksi jalan dari Balai Janggo – Kapuah sepanjang 0.8 km dan pelebaran jalan dari Batusangkar – Balai Tangah sepanjang 22 km serta pelebaran jalan Sungai Tarab – Sumanik – Pasar Tabek Patah sepanjang 12.95 km.

Baca Juga :  Bunga Bangkai Tumbuh Di Lintau Buo, Bupati Harap Bisa Menjadi Ekowisata

Bupati Eka Putra juga mengharapkan agar masyarakat mau mendukung dan memanfaatkan program unggulan Pemerintah Daerah yang notabene tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Pada kesempatan itu, Bupati Eka Putra juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan berita yang simpang siur dan belum jelas sumber dan kebenarannya. (Kasdi Ray/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email