PKM III tahun 2023 Resmi Dibuka, UIN Batusangkar Siap Mendulang Prestasi

Jambi, Jurnal Minang.com. Pergelaran Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) III tahun 2023 Se-Sumatera dan Perguruan Tinggi Islam (PTI) Se-Asia Tenggara resmi digelar di UIN Sulthan Thaha Saifuddin, yang dibuka langsung oleh Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan PTKI Kementerian Agama RI, Zulfan Syarif Supriadi Hasibuan, Senin (24/7/2023).

Zulfan mengapresiasi pelaksanaan PKM III yang dilaksanakan di UIN STS Jambi kali ini. Menurutnya, pelaksanaan kali ini terasa istimewa, karena kegiatan dua tahunan ini turut diikuti oleh perwakilan peserta dari Perguruan Tinggi Islam Asia Tenggara.

“kompetisi ini tidak hanya berskala regional tetapi telah merambah skala internasional,” ujar Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan PTKI Kemenag.”
Ia juga mengapresiasi, atas kerja keras panitia sehingga perhelatan ini dapat terselenggara. “Selamat berkompetisi bagi para peserta kontingen, selamat menjalankan amanah bagi para dewan hakim, dewan juri, dan wasit. Mari kita jaga integritas, moralitas dan sportivitas bertanding. Selamat dan sukses,”tutur Zulpan Syarif.

PKM III kali ini melibatkan 22 PTKIN dari Sumatera dan 9 Perguruan Tinggi Islam dari negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Ajang lomba ini digelar secara hybrid, baik daring maupun luring, dengan total 33 cabang lomba yang terdiri dari bidang ilmiah, seni, dan olahraga, diikuti oleh 1530 peserta.

Di tempat terpisah Rektor Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc mengatakan bahwa UIN Mahmud Yunus Batusangkar siap mendukung dan menyukseskan kegiatan PKM III Tahun 2023 yang diselenggarakan dari 24 – 30 Juli 2023.
“mari kita junjung Sportifitas, jaga kekompakan, kedesiplinan dalam perlomabaan dan etika kita sebagai Mahasiswa PTKIN somoga mampu memberikan warna tersendiri bagi UIN Mahmud Yunus Batusangkar.”

Baca Juga :  Seberapa Penting Peran Generasi Muda dalam Kontestasi Pemilu 2024?

“Persoalan menang atau tidak adalah perkara lain. Target kalian cuma satu, yaitu lakukan yang terbaik, dan apapun potensi kalian lakukan yang terbaik untuk meraih prestasi, karena yang ikut hari ini sebagai duta lembaga, sudah sewajarnya menunjukan potensi yang terbaik” ujar Prof. Marjoni.

Sementara itu kontingen Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar yang menurunkan 34 mahasiswa dengan 13 Cabang lomba yang dipertandingkan secara luring di kampus I dan II UIN STS Jambi, 24 – 30 Juli 2023. Wakil Rektor III Dr. Sirajul Munir, M.Pd mengatakan peserta kontingen dari UIN Mahmud Yunus Batusangkar 13 cabang lomba itu yakni Karya Tulis Ilmiah (KTI) Sains & Teknolog, Musabaqoh Karya Tulis Al-Qur’an (MKTQ), Monolog, Puitisasi Al-Qur’an, Pop Solo Islami, Panjat Dinding, Kaligrafi, Karate, Debat Konstitusi, Badminton, Khat dan Pencat Silat.

“Kita berharap kontingen UIN Mahmud Yunus Batusangkar ini dapat berprestasi dan membawa nama baik UIN Mahmud Yunus Batusangkar,“ tutupnya. (Doni/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email