Partai Umat dan PKB “Pacah Talua” di DPRD Tanah Datar, Incumbent Berguguran

Batusangkar, Jurnal Minang. Anggota DPRD Tanah Datar berjumlah 35 orang. Sebagian besar calon legislatif (Caleg) petahana berguguran pada Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Febuari 2024 lalu. Menurut Ketua Partai Ummat Tanah Datar, Zulkifli Bahri HS, SH mengatakan, Partai Golkar Tanah Datar yang dipimpin Anton Yondra, SE,MM berhasil keluar sebagai pemenang dengan lima kursi.

Kursi tersebut diisi oleh tiga caleg petahana yakni Anton Yondra (Dapil 4), Dedi Irawan (Dapil 3), dan Herman Sugiarto (Dapil 2). Dua kursi diisi caleg baru yakni Donal Martin (Dapil 1) dan Adrison Dt. Parpatih (Dapil 3).
Dari partai Gerindra, dari enam anggota DPRD aktif, lima orang maju kembali untuk DPRD Tanah Datar dan satu maju ke DPRD provinsi.

Partai besutan Prabowo Subianto itu,pada tahun 2019 keluar sebagai pemuncak berhasil meraih 6 kursi namun kini tinggal 4 kursi. Empat kursi itu, diisi oleh tiga caleg petahana, yakni Jonnedi (Dapil 1), Kamrita (Dapil 2), dan Surva Hutri (Dapil 4), dan satu pendatang baru Mulyani (Dapil 3).

Sementara Partai Demokrat berhasil meraih 4 kursi. Namun, dari 4 kursi itu, dua diisi oleh caleg petahana dan dua caleg baru.
Dua caleg petahana, yakni Nurhamdi Zahari (Dapil 4) dan Syafril (Dapil 3), sedangkan caleg baru Wel Ahmad (Dapil 2) dan Darius (Dapil 1).

Selanjutnya, PKS meraih 4 kursi dari 5 caleg petahana yang kembali bertarung. Keempat kursi itu diisi dua caleg petahana dan dua caleg baru. Dua caleg petahana Nurzal Chan (Dapil 1) dan Saidani (Dapil 3), sedangkan caleg baru Adib Fadil (Dapil 4) dan Jamal Ismail (Dapil 2).

Nasib serupa juga dialami PPP, hanya meraih 3 kursi dari 4 caleg petahana yang maju menuju parlemen.
Caleg petahana yang berhasil, Yalpema Jurin (Dapil 4), Agus Topik (Dapil 2), dan Zulhadi (Dapil 3).
Kabar mengejutkan datang dari Partai Nasdem, PKB, dan Ummat. Partai besutan Surya Paloh itu, berhasil menambah jumlah perolehan kursi, dari 3 caleg petahana yang bertarung.

Baca Juga :  Ketua PMI Jusuf Kalla Bersama Ibu Muffidah Kunjungi Lokasi Terdampak Bencana di Tanah Datar

4 kursi tersebut diisi dua caleg petahana Adrijinil Simabura (Dapil 2) dan Khairul Abdi (Dapil 4), serta dua caleg baru Junaidi (Dapil 3) dan Novriandi (Dapil 1). Sama halnya dengan PKB, sudah beberapa kali ikut pemilu di Tanah Datar baru kali ini berhasil secara fantatastis mendudukkan tiga kader terbaiknya diĀ  DPRD Tanah Datar. Ketiga caleg tersebut, Indra Gunalan (Dapil 1), Yonnarlis (Dapil 3), dan Zaiful Imra (Dapil 4).

Yang lebih fantastis lagi Partai Ummat Tanah Datar, Partai yang baru lahir besutan Tokoh Reformasi Prof. Amien Rais dipimpin oleh Zulkifli Bahri. HS, SH yang tidak asing lagi di Tanah Datar. Baru perdana ikut pemilu langsung SUKSES, meraih 2 kursi di DPRD. Dua kursi itu akan ditempati oleh Masnefi (Dapil 4) dan H.Herri Wildani (Dapil2).

Begitu juga PAN, masih tetap bertahan dengan 4 kursi. Keempat kursi itu diisi satu caleg petahana Beni Remon (Dapil 3), dan tiga caleg baru Hj.Felly Endra (Dapil 2), Nofrizal Eri (Dapil 1) dan Iswandi Putra (Dapil 4). Sementara itu, PDIP dan Partai Hanura masing- masing meraih 1 kursi, yaitu Wendri Aswil (Dapil 1), dan Asrul Jusan (Dapil 1).

Disisi lain ada juga Petahana yang berguguran antara lain Dapil I antara lain Wadrawati (Hanura), Eri Hendri (Demokrat), Istiqlal (PKS), Syamsul Bahri Oesoer (Golkar), Jasmadi (PAN). Dapil II Donna (Demokrat), Haikal (Hanura), Abu Bakar (PKS), Sutan Tunaro (PAN).
Dari Dapil III Nova Hendria (Nasdem), Afriman (PDIP), Afrizal (Gerindra), Dapil IV Beni Apero (Hanura), Azwar R (Gerindra), Dekminil (PKS), Zulli Rustam PAN. (Kasdi Ray/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email