Nagari Cubadak Gelar Musnag, Ini Ragam Kegiatan yang Dibahas

Cubadak , Jurnal Minang. Musyawarah Nagari Cubadak tahun 2024 digelar Selasa 25/6/2024 di halaman kantor Wali Nagari Cubadak Kecamatan Lima Kaum. Acara dihadiri oleh Ketua BPRN Januar Pempri,S,ST,MT, Ketua KAN Ismed Noveandi Dt.Rajo Pangulu, Kepala OPD, Pimpinan UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Camat Lima Kaum Ikrar Fahlevi, serta undangan lainnya.

Ketua BPRN Nagari Cubadak Januar Pempri, S.ST, MT ketika membuka Musyawarah Nagari Cubadak mengatakan mengucapkan terimakasih atas kehadiran undangan yang datang pada acara Musnag Cubadak tahun 2024.

Musyawarah Nagari Cubadak yang dilaksanakan ini akan merumuskan program kegiatan tahun 2025, yang bersumber dari dana APBD Kabupaten, Provinsi serta Pusat.
Pada tahun 2024 Nagari Cubadak dapat reward Rp 200 Juta. Hal tersebut tidak terlepas dari kinerja semua pihak.

Pada tahun 2025 mendatang jika Wali Nagari Anggerno Perawito, SP.d memperoleh perpanjangan 2 tahun dari 6 tahun jadi 8 tahun nantinya RPJM akan direvisi. Untuk infrastruktur tahun 2024 memperoleh pembangunan berupa drainase di jalan Provinsi akan dicairkan Rp 400 juta.

Kemudian jalan Nunang ke UIN Mahmud Yunus Batusangkar ada anggaran Rp 200 juta akan dilanjutkan pengecorannya. Berkat adanya UIN Mahmud Yunus banyak efek positifnya bagi Nagari Cubadak terutama bagi pemilik rumah kos, UMKM, angkutan dll. Mudah mudahan Wali Nagari mampu meningkatkan Pendapatan Asli Nagari Cubadak, kata Januar Pempri S. ST,MT.

Wali Nagari Cubadak Anggerno Perawito, S.Pd mengatakan, pada musibah Galodo Nagari Cubadak aktif membantu korban banjir bandang lahar dingin gunung Marapi, karena Nagari Cubadak adalah Nagari terdekat dengan lokasi bencana yaitu Limo Kaum dan Parambahan.

Tahun 2024 anggaran Nagari mencapai Rp 1,7 M.- dalam RKP ada sekitar 70 pemilik kos di Cubadak, yang menjadi persoalannya adalah pemilik kos banyak yang tinggal di luar Cubadak. Sudah ada 10 ribu mahasiswa yang ada di UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Baca Juga :  Bupati Eka Putra Beri Apresiasi Kegiatan Pelatihan Menulis untuk Guru Guru di Tanah Datar

Generasi muda kini banyak kecanduan judi online, Nagari Cubadak kita saat ini akan maju seperti kekotaan karena sudah ada Maxim yang mengantarkan makanan sampai ke rumah penduduk.
Jangan sampai terjadi jalan dialiah urang lalu, kini Nagari Cubadak melakukan pelayanan digital kepada seluruh warga.

Kadis PMDPPKB Tanah Datar Abdurrahman Hadi mengatakan kehadirannya disini mewakili Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE,MM, forum Musnag adalah forum yang dilaksanakan BPRN, tugasnya adalah menampung dan menyalurkan aspirasi dalam program yang ada di Nagari.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Musyawarah pembangunan Nagari yang dilaksanakan Wali Nagari. RPJM kali ini priode 2023 s/d 2029, khusus Wali Nagari Cubadak Anggerno Perawito, S.Pd baru melaksanakan programnya tahun 2025 mendatang. Program yang dilaksanakan saat ini adalah program Wali Nagari terdahulu, kata Abdurrahman Hadi. (Kasdi Ray/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email