Kepala Kemenag Tanah Datar Tinjau Lokasi Belajar Sementara Siswa MTsN Sungai Jambu yang Dilanda Galodo

Batusangkar, Jurnal Minang. Guna menyukseskan proses belajar dan mengajar di MTsN 7 Tanah Datar pasca banjir bandang lahar Gunung Marapi yang terjadi 11/5-2024 lalu,
Kepala Kemenag Tanah Datar H.Amril Selasa (28/5/2024) melakukan peninjauan kegiatan proses belajar dan mengajar yang dilakukan di Masjid Jamik Sungai Jambu lantai 2 dengan memanfaatkan ruangan dan aula Masjid Jamik.

Akibat banjir bandang lahar dingin gunung Marapi kondisi MTsN 7 Tanah Datar rusak berat akibat bencana longsor dan banjir lahar dingin dari Gunung Marapi Gedung Madrasah sudah tidak bisa dipakai untuk kegiatan PBM. Sementara inventaris dan mobiler hilang karena bencana.

H. Amril didampingi Plt. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Agustamam, Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Abu Hanifah Nasution serta beberapa pegawai Kantor Kemenag Tanah Datar disambut oleh Kepala MTsN 7 Tanah Datar, Setrial didampingi Kaur TU H. Andika Tri Harnedi serta guru dan siswa Madrasah.

H. Amril pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan duka kepada siswa dan guru yang terdampak, terutama kondisi Madrasah yang tidak bisa dipakai satupun ruangan kelas.

Kemudian H. Amril memberi semangat kepada siswa dalam menjalankan proses pembelajaran meskipun dilakukan darurat di Masjid Jamik. “tetap semangat dan tetap berdo’a, mudah-mudahan bangunan baru segera selesai dan dibangun lebih baik dari yang sebelumnya. 

Maksimalkan belajar di Masjid juga mengulang belajar di rumah untuk persiapan mengikuti ujian kenaikan kelas di tanggal 3 – 8 Juni”, ujar H. Amril.

Sebelum menuju Masjid Jamik, tim dari Kemenag melihat kembali kondisi MTsN 7 yang rusak berat, kemudian menyerahkan bantuan yang telah dihimpun dari Posko Peduli Bencana Kemenag berupa ATK, Al-Qur’an dan uang tunai. Bantuan diterima oleh Kepala Madrasah kemudian dibawa ke Masjid Jamik untuk dipakai pada PBM.

Baca Juga :  Kejurnas Tenis Yunior Piala Bupati Tanah Datar Dimulai Hari Ini

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kantor Kemenag Tanah Datar yang sudah kesekian kalinya memberi bantuan kepada kami keluarga besar MTsN 7 Tanah Datar, bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami disini”, ujar Setrial.

Pada penutup sambutannya, H. Amril juga berpesan kepada para guru dan pegawai MTsN 7 agar memaksimalkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). 
“Dari 28 orang guru dan pegawai kita targetkan tiap 1 orang membawa 2 orang calon peserta didik, dengan demikian Madrasah kita tetap berjalan dan bertambah maju, terlebih kita harus semangat karena akan didirikan gedung Madrasah baru”, tutup H. Amril.

Kegiatan PBM yang baru berjalan 2 hari ini diikuti 2 kelas VII dan 2 kelas VIII sementara kelas IX sudah selesai PBM namun tetap diminta membantu di Madrasah dan posko bencana. 
Dari 117 siswa Madrasah di tahun 2023/2024, Kepala MTsN 7 berharap kedepannya berkembang dan semakin banyak peminatnya. 

“Kami akan tindaklanjuti arahan Kepala Kantor Kemenag, dan kami juga akan mengerahkan guru dan karyawan untuk promosi MTsN 7 Tanah Datar ke SD dan MI serta masyarakat setempat agar orang tua mau memasukkan anaknya ke Madrasah ini” ujar Setrial. (Kasdi Ray/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email