Edwardo dan Beberapa Tokoh Masyarakat serta Pemuda Peduli Penanganan Bencana Gelar Aksi Sosial

Limakaum, Jurnal Minang. Berawal dari diskusi Komunitas Kadai Uwan (KKU) pada Senin sore dan malam, 13 Mei 2024 membahas tentang bencana alam banjir bandang (Galodo) yang melanda sebagian wilayah kecamatan Lima Kaum dan kecamatan lainnya di Tanah Datar yang terjadi pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari (11 dan 12 Mei 2024), maka terbersitlah keinginan untuk melakukan aksi sosial guna meringankan beban saudara yang mengalami bencana.

Diamanatkan kepada Edwardo selaku Koordinator Lapangan (Korlap) untuk mengaktifkan kembali simpul tim Erick Hamdani dan simpul tim Richi Aprian serta relawan H.Suherman untuk mengalang aksi sosial gotong royong bersama dengan Komunitas Kadai Uwan dan warga setempat guna membuka akses jalan Piliang, Nagari Limo Kaum, Kecamatan Lima Kaum ke daerah Jao, Nagari Pabalutan, Kecamatan Rambatan.

Bak gayung bersambut, niat bakti sosial tersebut turut disambut baik oleh H. Suherman dengan mengirimkan 1 unit alat berat bulldozer berikut kru dan tim perlengkapannya. Tak tangung-tanggung, H. Suherman pun turun langsung ke lapangan untuk memimpin timnya agar proses pembukaan akses jalan dan jembatan dapat berjalan efektif pada Selasa, 14 Mei 2024.

“Alhamdulillah, kami tidak menyangka niat baik bakti sosial ini ternyata dipermudah oleh Allah SWT. Dimana ada kemauan, disana ada jalan. Tidak ada unsur politis dalam giat sosial ini. Kebetulan sebelumnya kami punya tim untuk Pileg beberapa bulan lalu, hanya simpul-simpul tim itu saja yang kami aktifkan kembali. Ini saatnya untuk melakukan bakti sosial tanpa unsur politis apapun” ujar Korlap Edwardo kepada awak media Jurnal Minang seusai melaksanakan bakti sosial di lokasi jembatan perbatasan Piliang – Jao.

Lebih lanjut, Edwardo menyampaikan semoga sinergi 3 (tiga) unsur tim dari 3 tokoh partai NasDem ini dapat menjadi simbol pemersatu anak nagari Luhak Nan Tuo untuk memberikan kontribusi nyata bagi Tanah Datar tanpa disekat sekat oleh kepentingan kelompok tertentu atau kepentingan politis tertentu.

Baca Juga :  MTQ Tingkat Kabupaten Tanah Datar Diikuti 886 Kafilah, Bupati Eka Putra Ikut Terharu

Menurut Edwardo, dengan bantuan perlengkapan baju kaos, kaos kaki panjang untuk pelindung kaki, makan dan minum untuk tim Erick Hamdani, tim Richi Aprian serta tim H. Suherman dan relawan pemuda setempat dan BBM Solar dari donasi yang diberikan Erick Hamdani dan Richi Aprian serta bantuan alat berat dan kru dari H. Suherman berikut tambahan solar, maka gabungan 3 tokoh dengan 3 timnya ini menjadi sinergi positif untuk merealisasikan program bakti sosial yang digagas Komunitas Kadai Uwan (KKU) sehari sebelumnya.

Dengan berhasilnya membuka akses jalan dan jembatan Piliang – Jao yang tertutup oleh sedimen lumpur banjir bandang pada hari Selasa, 14 Mei 2024, maka aksi sosial finishing pembersihan jalan dan jembatan dilanjutkan pada Rabu pagi, 15 Mei 2024 dengan lancar.

Tak lupa Korlap Edwardo menyampaikan terima kasih atas dukungan Wali Jorong Piliang serta segenap unsur pemuda dan tokoh masyarakat jorong Piliang yang ringan tangan membantu kegiatan bakti sosial ini sehingga bisa diselesaikan sesuai tenggat waktu yang dijadwalkan. Ucapan yang sama juga disampaikan kepada owner Aldi Residence yang turut membantu mengirimkan Mini Ekscavator dan krunya untuk mempercepat selesainya giat bakti sosial tersebut.

Masyarakat Limakaum juga berterimakasih kepada salah seorang perantau Limakaum di Pekanbaru yang menyumbangkan satu unit alat berat untuk pengerjaan penanggulangan bencana tersebut. (Intania/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email