Disparpora Godok Persiapan Objek Wisata Sawahlunto, Ribuan Wisatawan Akan Padati Kota Warisan Dunia

SAWAHLUNTO – Jurnal Minang.com. Menyambut hari raya lebaran (Idul Fitri) 1444 H, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kota Sawahlunto Gerak Cepat (Gercep) melakukan pembenahan lokasi objek wisata, dengan melibatkan seluruh unsur yang ada, guna menyambut kedatangan wisatawan di Kota Warisan Dunia tersebut.

Pemerintah Kota Sawahlunto melalui Dinas Parpora sebagai stake holder terkait, sudah melakukan pembenahan yang hampir mencapai 95 %, baik yang dikelola oleh pemko ataupun swasta.

Delapan puluh ribu (80.000) wisatawan ditargetkan, akan memadati objek wisata yang ada di Sawahlunto. Jumlah tersebut, merupakan kelipatan dua dari tahun sebelumnya yang di angka empat puluh ribu (40.000).

“Sebagai Kota Heritage yang sudah ditetapkan UNESCO dan salah satu kota tujuan wisata Sumatera Barat, Sawahlunto siap menerima kunjungan wisatawan,” kata Kadis Parpora Sawahlunto, Adri Yusman, S.Sos., MM saat jumpa Pers Jumat, 14 April 2023 di objek wisata Puncak Cemara 2.

“Persiapan dan pembenahan objek-objek wisata yang ada sudah hampir 95 persen. Minggu depan kita bersama instansi terkait, akan melakukan cek terakhir terhadap objek-objek wisata tersebut,” terang Adri Yusman.

Seterusnya Kadis Parpora mengungkapkan bahwa libur panjang idul Fitri tersebut, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, yang dapat menjadi momentum perubahan bagi pariwisata Sawahlunto.

Ia juga ungkapkan bahwa sekitar 6 juta perantau nantinya, akan pulang kampung ke Sumatera Barat selama libur panjang ini.

“Kita targetkan 80 ribu wisatawan akan masuk ke Sawahlunto, dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang diangka 40.000 wisatawan,” tuturnya.

Kemudian ia juga menerangkan bahwa sarana dan prasarana serta infrastruktur ke objek wisata itu, sudah hampir selesai dibenahi, terutama sekali masalah keamanan dan tempat parkir.

Baca Juga :  Calendar of Event Tanah Datar 2024: Salah Kelola, Minim Dukungan, Atau Bupati "Dikerjai" Para Kadis?

Penuturan Kabid Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Meldi Hidayah Martha mengungkapkan pihaknya bersama tim kreatif sudah berupaya maksimal selama ini melakukan berbagai promosi dengan memanfaatkan Media Sosial (Medsos). seperti membuat kanal YouTube, Instagram, Facebook, Twitter dan Website.

“Kita sudah mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan medsos yang ada, seperti membuat kanal YouTube, Instagram, Facebook, Twitter dan Website dengan satu nama yaitu Sawahluntotourism. Didalamnya tersedia seluruh informasi mulai dari objek wisata, pusat kuliner, penginapan tarif dan kalender event kota Sawahlunto,” Jelasnya.

Beberapa objek wisata di Kota Sawahlunto yang menjadi favorit, diantaranya Meer Von Kandi, Taman Satwa Kandi, Puncak Cemara I dan II, Waterboom, Museum Gudang Ransoem, Lubang Mbah Suro, Museum Kereta Api Lokomotif Mak Itam, Pemandian Mudiak Lugha, Batu Runcing, dan Desa Wisata Rantiah.

Dalam giat jumpa Pers tersebut, kadis didampingi Kabid Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Meldi Hidayah Martha, dan Kabid Destinasi Tri Dharma Satria. (Safrizal/Red.Jm)