Beberapa Ruas Jalan Provinsi yang Rusak di Tanah Datar Mulai Diperbaiki Melalui APBD Provinsi

Batusangkar, Jurnal Minang. Guna menyambut lebaran 1445 H, Pemprov Sumatera Barat melalui Dinas BMCKTR Sumatera Barat melaksanakan perbaikan 4 ruas jalan Provinsi.

Dana perbaikan jalan tersebut dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumatera Barat 2024,  sebesar tujuh milyar rupiah, 4 ruas jalan saat ini sedang diperbaiki, meliputi ruas Jalan Ombilin-Batusangkar, Kubu Karambia – Batusangkar, dan Payakumbuh – Setangkai.

Demikin dijelaskan Kepala Dinas Pekerjaan Umum,  Penataan Ruang dan Pertanahan Tanah Datar Ten Feri,ST,MT sehubungan perbaikan jalan Provinsi itu.

Perbaikan ruas jalan tersebut dilakukan menambal atau patching dan ditargetkan selesai jelang Lebaran Idul Fitri 1445 H.
Khusus pengerjaan Jalan Ombilin-Batusangkar, dianggarkan lebih besar karena bukan patching melainkan ada yang  diaspal baru dengan panjang bervariasi, yakni, ada yang diaspal 200 meter, 100 meter dan ada pula penambalan jalan-jalan berlubang di sana-sini.

Disamping itu, Pemkab Tanah Datar juga sedang mengusulkan beberapa ruas jalan untuk diperbaiki melalui dana Inpres, mencakup ruas jalan Lubuk Mata Kucing – Singgalang dan terus ke Pandai Sikek, ruas jalan Sikaladi (Pariangan)-Pakan Rabaa (Sabu), ruas jalan Koto Tangah-Tapi Selo, dan rehab jembatan  di Nagari Lubuk Jantan Lintau Buo Utara.

Selanjutnya, tahun 2024 ini dilakukan pula rehab jaringan irigasi di beberapa nagari, yaitu, irigasi Nagari Bungo Tanjung dan Batu Taba Kecamatan Batipuh, Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum, dua jembatan lagi di Kecamatan Rambatan, dan Kecamatan Tanjung Emas, kata Ten Ferri,ST,MT. (Kasdi Ray/Red.JM)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Gubernur dan Wagub Sumbar Audiensi Bersama Insan Pers