Analisis Kenakalan Remaja, Narkoba & Upaya Pencegahannya

Opini Oleh : Muhammad Fadil & Alif M Danza
(Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas)

Saat ini kenakalan remaja dan Penyalahgunaan Narkoba merupakan dua hal yang tidak terlepas dari perilaku-perilaku kebanyakan remaja pada saat ini. Ada beberapa kenakalan remaja yang banyak terjadi di lingkungan masyarakat sekitar, diantaranya seperti tawuran antar pelajar.

Tindakan seperti ini sangat sering dijumpai pada kalangan siswa SMP maupun SMA. Biasanya, tawuran antar pelajar ini disebabkan oleh kontrol emosi dari para remaja yang masih labil, dan perlunya didikan baik itu dari para guru, maupun dari orang tua remaja sendiri. Lalu, ada juga balapan liar. Pada saat ini, sangat banyak ditemukan balapan-balapan yang dilakukan oleh para remaja di jalanan-jalanan umum yang banyak dilalui oleh warga sekitar.

Akibatnya, banyak terjadi kecelakaan yang menimbulkan korban-korban yang tidak bersalah. Selanjutnya, salah satu kenakalan remaja yang paling sering dijumpai yaitu kenakalan seksual. Banyak dari kalangan remaja baik itu pada tingkat SMP maupun SMA yang berpacaran, mereka menganggap berpacaran hanyalah hal yang biasa untuk dilakukan. Banyak kasus-kasus ditemukan para remaja yang sedang melakukan hubungan seksual diluar ikatan pernikahan, sehingga banyak dari para remaja yang belum pada usianya, terpaksa harus menikah.

Akibatnya, keluarga harus menanggung apa yang dilakukan oleh anaknya dan harus siap dalam menerima sanksi sosial dari masyarakat sekitar. Oleh karena itu, para orang tua harus terus memantau terhadap apa yang dilakukan oleh anaknya, baik itu di dalam maupun di luar rumah.

Selain itu, ada juga beberapa penyalahgunaan narkoba yang marak terjadi pada masyarakat saat ini, seperti minum-minuman keras yang mempunyai kadar alkohol yang tinggi, dan penggunaan obat-obatan terlarang seperti narkotika, psikotropika, dan zat-zat adiktif lainnya yang sangat dilarang baik itu dari sisi agama maupun hukum di Indonesia.

Baca Juga :  IAIN Batusangkar Sukses Mewisuda Lulusan PPG Tahfizh

Saat ini, banyak sekali pasal-pasal yang mengatur tentang larangan-larangan dalam penggunaan obat-obatan terlarang tersebut. Kenakalan remaja dan penyalahgunaan Narkoba merupakan tindakan menyimpang yang dilakukan oleh para remaja-remaja yang melanggar baik dari sisi hukum dan agama. Maupun norma-norma yang berlaku di masyarakat saat ini.

Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi para remaja untuk melakukan kenakalan-kenakalan dan penyalahgunaan narkoba, seperti tidak adanya peran serta didikan dari para orang tua dalam mendidik anak-anak mereka, rendahnya tingkat pendidikan para remaja yang disebabkan oleh kesulitan dalam kondisi ekonomi, dan akibat dari penggunaan smartphone tanpa arahan dan pantauan dari orang tua, serta peran dari media sosial yang tidak digunakan sesuai dengan fungsinya.

Akibatnya, banyak dari para remaja tersebut yang menggunakan smarthphone mereka ke hal yang negatif, seperti melakukan cyber bullying di media sosial, bermain video game secara berlebihan, dan mengakses video-video porno yang sangat dilarang untuk diakses oleh remaja yang belum cukup umur.

Dalam hal ini, peran dari lingkup pergaulan juga turut berpengaruh dalam menentukan sikap dan tingkah laku dari para remaja tersebut. Karena, lingkungan pergaulan sangat besar dampaknya terhadap pola pikir dan perilaku para remaja. Untuk itu, perlu upaya-upaya pencegahan dari badan sosial yang berwenang untuk memberikan sosialisasi kepada para remaja-remaja untuk upaya pencegahan agar terhindar dari pergaulan yang menyimpang.

Melalui artikel ini, kami berharap masyarakat terutama dari para orang tua agar dapat mendidik dan memberikan pemahaman kepada anak-anak mereka sedini mungkin, dalam memberi arahan dan didikan kepada remaja agar nantinya anak-anak generasi penerus bangsa terhindar dari perilaku-perilaku negatif, serta lingkungan yang tidak sehat. (*)

Ket Foto: diambil dari internet yang free access

Print Friendly, PDF & Email