Sekda Tanah Datar Buka Acara Rakor Forikan di Aula Kantor Bupati di Pagaruyung

Batusangkar, Jurnal Minang. Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekretaris Daerah Tanah Datar, Drs.Iqbal Ramadi Payana, menekankan pentingnya konsumsi ikan sebagai solusi yang tepat dalam menyediakan gizi sehat, halal, dan berkualitas bagi keluarga. 

Hal tersebut disampaikan Iqbal Ramadi Payana dalam pembukaan Rapat Koordinasi Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Nasional tingkat Kabupaten Tanah Datar, Senin 6/5-2024 di aula kantor Bupati Pagaruyung. Beliau mengingatkan akan peran vital ikan dalam pembentukan generasi yang sehat dan cerdas untuk masa depan.

Menurut Sekda Iqbal, negara-negara yang mengonsumsi ikan secara cukup cenderung memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah dan umur yang lebih panjang. 

Contohnya adalah suku bangsa Eskimo dan Jepang yang makan ikan secara rutin, terhindar dari berbagai penyakit degeneratif dan meningkatkan kecerdasan.
Rapat tersebut juga menjadi momentum untuk membangun kesadaran akan pentingnya meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat Tanah Datar. 

Sekda Iqbal mengajak semua pihak untuk bersatu dalam memajukan kesejahteraan kabupaten tersebut melalui peningkatan konsumsi ikan di keluarga, sehingga generasi penerus bangsa dapat berkembang secara optimal.

Kepada pengurus Forikan dan semua elemen masyarakat, Sekda Iqbal menyerukan peran aktif dalam mensosialisasikan gerakan “gemarikan” atau gemar makan ikan di seluruh lapisan masyarakat. 

Peningkatan konsumsi ikan diharapkan tidak hanya memberi dampak positif pada kesehatan individu, tetapi juga pada pemanfaatan potensi perikanan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya para nelayan dan pembudidaya ikan.

Semua pihak diharapkan dapat bersinergi untuk meningkatkan kesadaran gizi masyarakat dan meningkatkan konsumsi ikan yang aman, sehat, dan berkualitas di Tanah Datar. (Kasdi Ray/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Festival Pesona Barulak Kembalikan Kekayaan Budaya Nagari