Rapat Panitia Satu Nagari Satu Event Nagari Labuah Sepakati Beberapa Komitmen

Lima Kaum, Jurnal Minang. Panitia Pelaksana 1 Nagari 1 Event (1N1E) Nagari Labuah Kecamatan Lima Kaum mengadakan rapat koordinasi di ruang serbaguna Kantor Wali Nagari Labuah pada Selasa sore ba’da Ashar, 19 Maret 2024 bersempena dengan progress kegiatan dan tindak lanjut kegiatan berikutnya.

Ketua Umum pelaksana 1 Nagari 1 Event Nagari Labuah, H. Munafri Dt. Majo Indo Nan Karuik yang juga Ketua KAN Labuah memimpin kegiatan rapat tersebut yang dihadiri oleh Wali Nagari Labuah, para Kepala Jorong, Ketua PORWI Labuah, Ketua PORBI Labuah, Ninik Mamak dan Tungganai serta para pemuda pemudi kenagarian Labuah dan unsur lainnya.

Dalam kesempatan rapat tersebut disampaikan arahan tentang standar kelengkapan dan fasilitas sebuah even serta arahan agar mempergunakan dana dengan transparan dan bertanggung jawab agar bisa dipertanggungjawabkan pada laporan keuangan kegiatan nantinya.

Ketum Pelaksana 1N1E yang akrab dipanggil dengan sapaan H. Eri ini menyampaikan bahwa apapun dana masuk baik dari pemerintah kabupaten c/q Dinas Parpora atau dinas lainnya, dana dari kecamatan bila ada, maupun dana dari sponsor dan pihak ketiga lainnya agar senantiasa dicatat dengan baik dan dipergunakan dengan bijak untuk kelancaran kegiatan 1N1E.

Dalam kesempatan terpisah H. Eri menyampaikan bahwa tidak ada pemotongan aneh aneh selain pemotongan untuk pajak. Demikian juga jika ada bantuan dana dari pihak lain harus jelas nominal dan penerimaannya. Selain itu giat 1N1E ini tidak memakai kurator dari luar dan lebih dipercayakan untuk dikerjakan oleh anak nagari Labuah sendiri.

“Alangkah baiknya jika biaya untuk kurator dialokasikan untuk membiayai pos kegiatan lain yang lebih tepat guna” ujar H. Eri di sesi wawancara dengan awak media Jurnal Minang.

Baca Juga :  Bupati Tanah Datar Buka Acara MFQ di Sumanik

Wali Nagari Labuah, Wahyudi Asri, S.Pd dalam arahannya turut memotivasi dan menguatkan segenap panitia pelaksana bahwa jika ada gangguan untuk pelaksanaan kegiatan 1N1E agar dialamatkan langsung ke Ketua Umum Pelaksana dan ke Wali Nagari Labuah. “Setiap resiko dan tanggung jawab tentu diagiahkan kepundak kito basamo” ujar Wahyudi Asri, S.Pd.

Lebih lanjut Wali Nagari Labuah menegaskan bahwa kemarin beberapa orang mengatakan bahwa kegiatan ini (1N1E Nagari Labuh red;) tidak akan mungkin dilaksanakan. Jadi hari kini kita ambil komitmen bahwa gonjang ganjing negatif harus dibungkam dengan kerja nyata dan bahu membahu bersama sama. “Kita hilangkan stigma negatif dengan melaksanakan pekerjaan bersama sama. Ini adalah momentum, ini adalah sejarah langsung dikomandoi oleh Ketua KAN Labuah, momen dimana PORWI, PORBI dan Pemuda bersatu” tegas Wahyudi Asri, S.Pd.

Dalam sesi wawancara, Wali Nagari Labuah menyampaikan bahwa kegiatan terlaksana atas konsolidasi jorong yang berasal dari permintaan masyarakat dan kami memfasilitasinya dalam bentuk kegiatan 1 Nagari 1 Even ini.

Disampaikan juga bahwa ada 3 kegiatan dalam 1N1E ini yang akan dilaksanakan dalam 1 bulan meliputi pagelaran seni berkenaan dengan adat istiadat Nagari Labuah yang dipusatkan di halaman Kantor Wali Nagari Labuah dan kegiatan Pacu Jawi oleh PORWI Labuah pada setiap akhir pekan serta akan ditutup dengan kegiatan olah raga tradisional berburu babi oleh PORBI Labuah.

Kegiatan 1 Nagari 1 Event dari Nagari Labuah ini bertajuk SUMARAK LABUAH BABUDAYO yang diagenda mulai dilaksanakan pada Jum’at, 12 April 2024 setiap akhir pekan selama 1 bulan. (Intania/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email