MTQ Tingkat Kabupaten Tanah Datar Diikuti 886 Kafilah, Bupati Eka Putra Ikut Terharu

Rambatan, Jurnal Minang.Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQ N) Tingkat Kabupaten Tanah Datar ke 42 tahun 2024 resmi dibuka Bupati Tanah Datar Eka Putra, Jum’at (5/7/2024) di lapangan bola kaki Nagari Rambatan Kecamatan Rambatan.

Bupati Eka Putra mengungkapkan, ia sangat bahagia dan terharu karena MTQ N Tingkat Kabupaten tersebut bisa dilaksanakan selepas musibah banjir bandang dan galodo yang menimpa 6 kecamatan di Tanah Datar.

“Meski sebagian musibah menimpa 6 Kecamatan dan 13 Nagari, Alhamdulillah, ajang dua tahunan ini bisa tetap kita laksanakan, Saya yakin dan percaya dengan selalu melafaskan Al Qur’an oleh segenap masyarakat, daerah kita akan dilindungi Allah SWT, bersama kita bangkit, Tanah Datar Hebat, Tanah Datar Maju dan Tanah Datar Tangguh,” katanya.

Kita ketahui bersama, tambah Eka Putra, MTQ dilaksanakan mulai dari tingkat Nagari, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, Nasional bahkan internasional yang dimaksudkan tidak hanya mensyiarkan Islam, namun bisa dijadikan barometer untuk mengukur keberhasilan pembelajaran Al Qur’an di tengah masyarakat,” ujarnya.

Diharapkan Bupati lagi, ajang MTQ N tingkat Kabupaten ini untuk menyaring serta melahirkan bibit dan kafilah terbaik Tanah Datar untuk ke depannya.

“Ajang ini menjadi salah satu langkah pembuktian ketua LPTQ Tanah Datar yang baru untuk melahirkan kafilah Tanah Datar terbaik, sehingga prestasi kontingen MTQ Tanah Datar untuk tingkat Provinsi Sumbar tahun depan di Bukittinggi kembali ke jalurnya, atau bahkan kalau bisa kembali menjadi juara umum,” tegas Eka Putra.

Kemudian Bupati Eka Putra menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan, Panitia Pelaksana, dewan hakim, Pemerintah Nagari, tokoh masyarakat, donatur dan masyarakat Rambatan yang telah menyukseskan ajang tersebut, baik langsung ataupun tidak langsung.

Baca Juga :  GOW Tanah Datar Salurkan Bantuan Sambil Bersilaturahmi

“Terima kasih atas dukungan semua pihal sehingga ajang ini bisa terlaksana dengan baik, semoga apa yang kita lakukan di nilai ibadah oleh Allah SWT dan dibalasi pahala yang berlipat ganda,” ujarnya.

Bupati juga menyampaikan ucapan selamat bertanding kepada para kafilah dari seluruh Kecamatan di Tanah Datar.

“Saya yakin dewan hakim akan bertindak adil dan transparan dalam menilai para kafilah, karena itu semua memiliki kesempatan yang sama untuk merebut juara umum dari Kecamatan Rambatan, selamat berjuang, tampilkan yang terbaik, junjung tinggi sportifitas dan selalu jaga kesehatan,” tukasnya.

Sebelumnya ketua pelaksana Roza Melfita yang juga Camat Rambatan menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh kafilah kontingen kecamatan se Kabupaten Tanah Datar.

“Selamat datang kepada seluruh kontingen di Kecamatan Rambatan dalam pelaksanaan MTQ N ke 42 tingkat Kabupaten tahun ini yang dimulai dari 4 sampai 8 Juli, mohon maaf sekiranya ada kekurangan dalam pelayanan,” sampainya.

Roza menambahkan, nantinya dari 12 cabang lomba dengan 32 golongan akan dilaksanakan di 17 lokasi di 5 nagari di Kecamatan Rambatan.

“Ada 17 lokasi untuk pelaksanaan lomba, bagi bapak dan ibuk yang ingin berkunjung ke lokasi lomba, kami telah menyediakan barcode untuk menunjukkan lokasi lomba,” sampainya.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana yang juga Sekda Tanah Datar menyampaikan, MTQ N yang dilaksanakan selama 5 hari diikuti 886 kafilah.

“Sebanyak 886 kafilah akan berlomba pada 12 Cabang Lomba pada MTQ ini, semoga nantinya akan melahirkan kafilah terbaik untuk berlaga di MTQ N Tingkat Provinsi di Bukittinggi,” sampainya.

Sementara itu Kakanwil Kemenag Sumbar Mahyudin dan Gubernur Sumbar yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Arry Yuswandi menyampaikan apresiasi dan selamat kepada Pemkab Tanah Datar atas pelaksanaan MTQ N Tingkat Kabupaten.

Baca Juga :  Kanwil DjP Sumbar Lakukan FGD bersama Pemkab Tanah Datar, Bupati Berikan Apresiasi

“Semoga MTQ N tingkat Kabupaten ini melahirkan kafilah Tanah Datar yang terbaik dan mampu berprestasi di tingkat selanjutnya, karena memang Tanah Datar menjadi salah satu penyumbang kafilah terbaik untuk provinsi Sumatra Barat,” kata Arry. (Kasdi Ray/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email