Komunitas Malindo Galang Donasi dan Distribusikan Bantuan untuk Korban Banjir Lahar Dingin di Tanah Datar

Batusangkar, Jurnal Minang. Masyarakat Lingkungan Dobok (Malindo), yang berada di Jorong Kuburajo, Nagari Limo Kaum, Kecamatan Lima Kaum berempati dan turut merasakan duka yang mendalam atas bencana alam lahar dingin (Galodo) yang terjadi pada Sabtu malam, 11 Mei 2024 di Kabupaten Tanah Datar.

Berkenaan dengan musibah tersebut, komunitas Malindo berinisiatif untuk menggalang donasi dan menyalurkannya secara langsung kepada para korban terdampak bencana.

Komunitas Malindo mengirim tim awal untuk mensurvey kebutuhan warga terdampak ke beberapa titik lokasi bencana di Kecamatan Lima Kaum pada Kamis pagi, 16 Mei 2024. Dari data yang terkumpul, maka sebelum siang dikirimkan sekitar 50 nasi bungkus yang dikumpulkan dari warga Malindo ke daerah Cumalagi yang masuk wilayah Kec. Rambatan. Kemudian sorenya dikirimkan 1 set alat kompor gas 2 tungku berikut tabung gas kepada 4 KK yang berjumlah 11 jiwa di daerah Sopan, Jorong Panti yang mendiami sebuah rumah kosong dekat lokasi terdampak.

Besok harinya, selepas Jum’at, 17 Mei 2024 diberangkatkan 2 pick up berisi aneka donasi seperti air minum gelas, indomie, telur, biscuit, aneka pakaian dewasa dan anak, pakaian dalam baru untuk pria dan wanita dewasa, pampers, tikar pandan, sabun mandi dan sabun cuci hasil donasi dari warga Malindo dan donasi dari Anggota DPRD Tanah Datar, Herman Sugiarto, SH dari Partai Golkar.

Distribusi diantarkan langsung oleh komunitas Malindo ke beberapa titik pengungsi seperti ke daerah Jao dan Ngungun serta Sopan di Kecamatan Rambatan dan diakhiri di Nagari Sungai Jambu, Kecamatan Pariangan. (Intania/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Jusuf Kalla bersama Ibu Mufidah Berkunjung ke Tanah Datar