Rektor UIN Imam Bonjol Apresiasi Kinerja Panitia SeIBa, UIN Batusangkar Optimis Mendulang Prestasi

Padang, Jurnal Minang. “Sepekan Berkreasi Bersama” SeIBa International Festival 2024 resmi dibuka dengan meriah di Auditorium Kampus III UIN Imam Bonjol Padang, Senin (23/9) malam. Ajang bergengsi international ini diikuti oleh 20 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dari seluruh Indonesia, termasuk UIN Mahmud Yunus Batusangkar serta menghadirkan perwakilan dari lima negara ASEAN, yaitu Malaysia, Filipina, Vietnam, Thailand, dan Kamboja.

Rektor UIN Imam Bonjol, Prof Dr Martin Kustati MPd, dalam sambutannya mengapresiasi kerja keras panitia dan seluruh pihak yang terlibat, terutama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama PTKIN. Ia menyampaikan rasa syukur atas kelancaran acara yang berlangsung.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama PTKIN. Kerja keras kalian membuat acara ini berjalan dengan baik,” ujar Martin.
Selain itu, kata Martin, kehadiran lima negara ASEAN dalam festival ini turut menambah kesan multikultural yang kuat.

Rektor UIN Imam Bonjol ini berharap kerja sama internasional yang terbentuk dalam festival ini dapat berlanjut dan semakin luas di masa depan serta dapat menjadi ajang pertukaran budaya dan pendidikan antar negara.

“Kami berharap, pada tahun depan, lebih banyak lagi negara ASEAN yang ikut serta dalam festival ini. Semoga ini menjadi langkah awal menuju kerja sama internasional yang lebih luas,” tambahnya.

Festival ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi bagi peserta dari 20 PTKIN, tetapi juga melibatkan 35 peserta internasional dan 859 peserta dari dalam negeri. SeIBa International Festival 2024 menghadirkan berbagai kegiatan, seperti kompetisi akademik, pertunjukan seni, pameran budaya, serta diskusi yang menggabungkan intelektualitas dan kreativitas.

Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Delmus Puneri Salim, Ph.D. yang hadir langsung dalam acara pembukaan tersebut, berharap agar festival ini dapat memperkuat jaringan antar mahasiswa PTKIN dan Luar Negeri, sekaligus menjadi ajang pembuktian talenta mahasiswa UIN MY Batusangkar di tingkat internasional.

Baca Juga :  Pelatihan Milenial Boot Camp Digelar di Aua Sarumpun

Lebih lanjut Prof. Delmus, menekankan pentingnya menjaga semangat positif selama mengikuti kegiatan. “Saya meminta seluruh kontingen UIN MY Batusangkar selalu mengikuti kegiatan dengan semangat. Dengan semangat, maka kita akan maksimal dalam setiap penampilan,” ujar Rektor.

Sementara itu, Wakil Rektor III Dr. Irman, M.Pd yang ikut langsung mendampingi Rektor mengatakan, kontingen UIN MY Batusangkar mengirimkan 21 mahasiswa dengan mengikuti 9 cabang lomba, dari 21 cabang lomba yang diperlombakan.
Adapun cabang lomba yang kita ikuti pada SeIBa International Festival 2024 ini yakni, Cabang Lomba Membaca Puisi, Cabang Lomba Monolog, Cabang Lomba Teater, Film & Pameran Foto, Solo Song Islami, Cabang Lomba Tari Kreasi Islami, MTQ, MSQ, MSQ dan cabang lomba catur, tutupnya. (Doni/Red.JM)