Survey Terbaru, Richi Aprian Unggul Banyak Hal Daripada Eka Putra

Batusangkar, Jurnal Minang. Jika Allah SWT sudah berkehendak, sesulit apapun jalannya, maka jadilah apa yang dikehendaki. Setidaknya itulah gambaran lima bulan jelang Pilkada Tanah Datar, popularitas Richi Aprian yang merupakan Wakil Bupati Tanah Datar yang juga Ketua DPD Partai Nasdem Tanah Datar bisa meninggalkan popularitas Eka Putra yang sekarang menjabat Bupati Tanah Datar.

Menurut mantan Anggota DPRD Tanah Datar, Arismen,SE,MM mengatakan, berdasarkan masukan survei yang disampaikan Direktur Eksekutif SBLF MYRISET Konsultan Indonesia, Edo Anderson, pada Sabtu (6/8/2024) yang telah dipublis bahwa
Berdasarkan hasil survey yang dilakukan SBLF MYRISET Konsultan Indonesia, Popularitas Richi Aprian 81.0 persen terpaut sedikit hanya 5 poin dengan Eka Putra yang memiliki popularitas 86,7 persen.

“Yang menarik dari survey yang diadakan dalam rentang waktu 24-29 Juni 2024 ini, adalah dari segi akseptabilitas dan kapabilitas Richi Aprian lebih tinggi dari Eka Putra. Akseptabilitas yang menguji tingkat penerimaan masyarakat terhadap calon, tingkat penerimaan kepada Richi 70,0 persen dan Eka Putra 64,0 persen,” ujarnya.

Dalam hal kapabilitas yang menggali persepsi masyarakat tentang kemampuan dalam mengelola pemerintahan, Richi Aprian dipandang lebih memiliki kapabilitas dibanding Eka Putra, dimana tingkat kapabilitas Richi Aprian 62,9 persen, jauh meninggalkan Eka Putra yang hanya di angka 59,1. persen.

“Dari segi elektabilitas sejumlah calon Bupati pada pilkada Tanah Datar, terlihat hanya 2 (dua) nama yang mendominasi yaitu yaitu Eka Putra dan Richi Aprian, Eka Putra memiliki elektabilitas 36,6 persen dan Richi Aprian 22,9 persen,” ujarnya.

Lebih lanjut, Edo menjelaskan meskipun elektabilitas Eka Putra 36,6 persen, hanya 14,2 yang menyatakan pilihannya sudah tetap dan tidak berubah. Sementara dari 22,9 persen pemilih Richi Aprian, 20,3 persen sudah memastikan memilih Richi Aprian pada pilkada mendatang.
Artinya modal dukungan Richi lebih baik dari Eka. Secara metodologi, survei yang dilakukan ini memakai metode Multistage Random Sampling dan waktu pengumpulan data berkisar 24-29 Juni 2024 di semua wilayah Tanah Datar dengan jumlah respon 800 responden, margin error sebesar 3,1 persen dan tingkat kepercayaan hingga 96,9 persen.

Baca Juga :  Partai Nasdem Tanah Datar Semakin Dipercaya, Termasuk Anggota DPRD dari Nasdem

Mudah mudahan hasil survei dapat dijadikan bahan masukan Tim Richi Aprian, dan juga Mantan Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe yang kini Anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem terpilih dapat dipastikan akan mendukung Bupati yang diusung Partai Nasdem, itu akan membuat ketar ketir lawan, kata Arismen, SE,MM. (Kasdi Ray/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email