Kanwil BPN Sumbar Luncurkan Penerapan Layanan Elektronik di Seluruh Kantor Pertanahan Kabupaten/ Kota

Padang, Jurnal Minang. Transformasi layanan pertanahan di Sumatera Barat, Senin, 25 Agustus 2025 memasuki babak baru. Kantor Wilayah BPN Sumatera Barat resmi meluncurkan penerapan layanan elektronik di seluruh Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota.

Kehadiran sistem digital ini diharapkan mampu mempercepat proses, memberikan kepastian waktu, sekaligus menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam setiap pelayanan.
Pada kesempatan tersebut, Kantor Pertanahan Kabupaten Tanah Datar turut ambil bagian dengan menghadirkan perwakilannya, yakni Kepala Subbagian Tata Usaha, Randi Nurista, S.Ak., M.M., Kepala Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran, Didi Mulyadi, S.H., M.Kn., serta Plt. Kepala Seksi Survei dan Pemetaan, Dedi Antonius, S.H.

Kehadiran mereka mencerminkan dukungan penuh terhadap agenda besar transformasi digital yang dicanangkan Kemenetrian ATR/BPN.
Lebih dari sekadar inovasi teknologi, penerapan layanan elektronik ini menjadi strategi besar dalam membangun ekosistem digital pertanahan di Indonesia.

Selain memberi kemudahan bagi masyarakat dan PPAT, sistem ini juga memperkuat kepastian hukum melalui pencatatan yang terdokumentasi dengan baik serta meminimalisir risiko kehilangan berkas fisik.

Kepala Kanwil BPN Sumbar, Teddi Guspriadi, menegaskan pentingnya langkah kolektif ini. “Layanan elektronik ini adalah tonggak penting menuju pelayanan pertanahan yang lebih cepat, pasti, dan terpercaya.

Kami ingin menghadirkan pelayanan terbaik sesuai kebutuhan masyarakat, sekaligus menjawab tantangan era digital,” ungkapnya dalam sambutan.
Acara peluncuran yang dibuka langsung oleh Kepala Kanwil ini turut dihadiri oleh jajaran pejabat administrator dan pengawas di lingkungan BPN Sumbar. Dengan semangat kolaborasi, BPN Sumatera Barat menandai komitmen untuk terus berbenah dan menghadirkan pelayanan publik yang modern, adaptif, serta berstandar dunia.

Dengan peluncuran layanan elektronik ini, Sumatera Barat resmi memasuki era baru pelayanan pertanahan lebih cepat, terukur, dan berkualitas sebagai wujud nyata pengabdian BPN kepada masyarakat.(Kasdi Ray/Red.Jm)

Baca Juga :  Pengurus PKB Tanah Datar Jalin Silaturahmi dengan Pengurus DPD Nasdem Tanah Datar