Hujan Lebat, Banjir Lahar Dingin dan Longsor Landa Beberapa Lokasi di Tanah Datar, Ini Himbauan Bupati

Batusangkar, Jurnal Minang. Masyarakat Perantau dan Pengguna Jalan yang berlebaran di kampung halaman khususnya Batusangkar, untuk sementara jalan dari arah Simpang Kiambang menuju Simpang Asrama tak bisa dilewati, karena Jembatan Koto Baranjak Baringin kembali digerus derasnya air sungai.

Demikian untuk diketahui bersama..
Bupati Tanah Datar, Eka Putra, Senin 8/4-2024 mengatakan menyikapi banjir lahar dingin, banjir bandang, air bah, dan longsor yang terjadi di beberapa kawasan di Tanah Datar, bersama ini kami imbau:

  1. Jauhi daerah bantaran sungai, terutama yang berhulu dari Puncak Marapi.
  2. Seluruh Satgas PB Nagari dan Pemerintahan Nagari diminta membantu proses evakuasi dan penyelamatan di wilayah masing-masing dan langsung melaporkan kondisi terkini kepada camat.
  3. Para Camat di 14 Kecamatan yang ada di Tanah Datar diminta berkoordinasi intensif dengan seluruh pihak untuk menghimpun data. Segera himpun data kerusakan infrastruktur, lahan pertanian, rumah warga, termasuk korban jiwa dan hewan ternak.
  4. Pemkab Tanah Datar membuka Posko Tanggap Darurat di Pusdalops BPBD Tanah Datar, posko bantu di seluruh kantor camat terdampak.
  5. Mari kita berdoa agar Allah SWT senantiasa melindungi kita dari ancaman bahaya bencana Erupsi Gunung Marapi. Imam masjid dan ulama kami minta untuk memandu masyarakat berdoa bersama.
  6. Pemerintah kabupaten dan Forkopimda terus memantau situasi dan berkoordinasi dengan segala pihak untuk penanganan bencana banjir yang terjadi di Tanah Datar.
  7. Semua diminta menjaga suasana tetap kondusif, jangan menyebarkan berita hoax, tidak terpancing oleh informasi yang tak jelas sumbernya, serta selalu memperhatikan arahan dari pihak yang berwenang, kata Eka Putra.

Semoga semua bencana cepat berlalu dan tidak ada korban jiwa. (Kasdi Ray/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  BPNB Sumbar Fasilitasi Pendokumentasian Ritual Tarain di Nagari Pariangan