UIN Batusangkar Selenggarakan SSE-UMPTKIN dan Siapkan Kuota 2500 orang Mahasiswa Baru

Batusangkar, Jurnal Minang. Dibuka secara langsung oleh Menteri Agama RI, H.Yaqut Cholil Quomas, pelaksanaan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTIKN) Tahun 2024, yang dilaksanakan serentak secara nasional di 58 PTKIN se-Indonesia, Senin 24/06/24.

Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus sambut sebanyak 1.781 calon mahasiswa baru jalur UM-PTKIN, sebanyak 1.119 yang memilih UIN Mahmud Yunus Batusangkar dan sebanyak 662 calon mahasiswa baru yang ambil titik lokasi ujian SSE UM-PTKIN di UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

SSE UM-PTKIN di UIN Mahmud Yunus Batusangkar berlangsung selama dua hari, (Senin dan Selasa) tanggal 24 dan 25 Juni 2024, dengan jumlah sesi ujian lima sesi, di dua lokasi ujian, yaitu gedung labor komputer kampus I dan labor komputer kampus II Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc mengatakan bahwa penggunaan Sistem Seleksi Elektronik ini merupakan langkah maju dalam menghadapi tantangan era digital dan menjamin proses seleksi yang lebih efisien dan adil.

“Dengan SSE UM-PTKIN, kami berharap dapat memberikan kesempatan yang lebih luas bagi calon mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk bergabung dan mengembangkan potensi mereka di UIN Mahmud Yunus Batusangkar,” ujar Prof. Marjoni.

Lebih lanjut Prof. Marjoni mengatakan, SSE UM-PTKIN 2024 diikuti oleh ribuan calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di PTKIN. Dengan penyelenggaraan SSE UM-PTKIN, UIN Mahmud Yunus Batusangkar berharap dapat menyaring calon mahasiswa yang berkompeten dan memiliki komitmen tinggi terhadap nilai-nilai keislaman dan akademik.

“Kami optimis bahwa melalui seleksi yang ketat dan berbasis teknologi ini, UIN Mahmud Yunus Batusangkar akan terus melahirkan lulusan yang berkualitas dan siap berkontribusi bagi masyarakat dan bangsa,” pungkas Prof. Marjoni.

Baca Juga :  Calendar of Event (CoE) Wisata 2024 Tanah Datar Diluncurkan, 36 Nagari Akan Adakan Alek Nagari

Hadir dalam acara pembukaan UM-PTKIN secara Daring, Plh Wakil Rektor I yang juga Wakil Rektor III Dr. Sirajul Munir, M.Pd, Wakil Rektor II Dr. H. Eficandra, M.Ag. Plt Ka. Biro UAPK Ovel Renel, M.Kom, ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Dr. Ulya Atsani, M.Hum, Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Dr. Gustina, M.Pd serta seluruh Panitia Lokal UM-PTKIN UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Untuk diketahui, tahun ini UIN Mahmud Yunus Batusangkar menyediakan kuota sebesar 2.500 orang untuk penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 melalui lima jalur, yaitu SNBP, UTBK-SNBT, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan Jalur Mandiri atau PMB Lokal. (Doni/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email