UIN Batusangkar Gelar FGD Bersama Wali Nagari se-Tanah Datar Demi Kemajuan Daerah dan Peningkatan SDM

Batusangkar, Jurnal Minang. Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar melalui Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) wujudkan kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat, bil khusus masyarakat Kabupaten Tanah Datar melalui Focus Group Discussion (FGD) bersama Wali Nagari Se-Tanah Datar, Rabu, 10 Juli 2024.

Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang diwakili Wakil Rektor I Dr. H. Ridwal Trisoni, M.Pd mengatakan ini adalah menjadi tugas penting perguruan tinggi, yang tercantum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam melakukan tugas dan fungsinya, salah satu agenda kita yakni pengabdian kepada masyarakat.

FGD ini merupakan inisiasi kampus dalam mengembangkan potensi-potensi Nagari yang akan dikolaborasikan bersama pemerintah Nagari. Hal ini juga merupakan tindak lanjut kerjasama antara Wali Nagari se-Tanah Datar tahun lalu,” ucap H. Ridwal Trisoni.

“Perguruan Tinggi tidak boleh difungsikan sebagai menara gading saja. Maka dari itu, sengaja diundang Wali Nagari, agar melihatnya lebih dekat. sehingga tiga pilar perguruan tinggi dapat terealisasi dengan baik” tutupnya.

Sementara itu Dr. Akhyar Hanif selaku Dekan FUAD, mengatakan ini adalah membangun jembatan hati, dalam meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia yang unggul dan bermartabat di tengah-tengah masyarakat, serta mendukung program pemerintah Tanah Datar, dalam mewujudkan satu rumah satu sarjana.

FGD ini mengambil tema “Peran dan Kontribusi UIN Mhamud Yunus Batusangkar Dalam Membangun Sumber Daya Aperatur Pemerintah Nagari di Tanah Datar”.

Lebih lanjut Dr. Akhyar menyampaikan, pertemuan ini adalah tentang bagaimana UIN Mahmud Yunus Batusangkar khususnya FUAD memberikan kesempatan kepada masyarakat nagari melalui program lokal khusus bagi perangkat nagari dengan meraih sarjana.

Bupati Tanah Datar, yang diwakil staf Ahli mendukung penuh kegiatan kolaborasi tersebut dalam mewujudkan serta meningkatnya SDM di wilayah Tanah Datar. Ini merupakan bentuk kolaborasi kampus dan pemerintah, kami dari pemerintah daerah Tanah Datar siap mendukung kegiatan FGD tersebut,” katanya.

Baca Juga :  Dosen UIN Batusangkar Paling Banyak Lolos Mengikuti Kegiatan PKDP Angkatan I Tahun 2023

Senada dengan itu, Ketua Forum Komunikasi Wali Nagari Tanah Datar, Genta Maulana Akbar bahwa kegiatan tersebut sangat penting untuk pengembangan SDM nigari, kita ada 1000 perangkat nagari yang tersebar di 75 nagari serta 395 jorong.
Sebagai salah satu kampus di Tanah Datar tentu ini akan banyak hal yang dapat di kolaborasikan dengan kampus, Ia mengungkapkan bahwa nagari tentu sangat membutuhkan sentuhan kampus dan bagaimana mengembangkan potensi Nagari menjadi lebih baik,” ucapnya. (Doni/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email