Pilkada 2024: Menyigi Kandidat Kuat Calon Walikota Pariaman Periode 2024-2029

Opini Oleh: Rudi Noprianto (Mahasiswa Ilmu politik Universitas Andalas)

Pemilihan umum calon wali kota Pariaman th 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 untuk memilih Wali Kota Pariaman periode 2024-2029. Meskipun pemilihan wali kota Pariaman periode 2024-2029 masih cukup lama, namun beberapa tokoh di gadang-gadang akan meramaikan “kursi panas” dalam memperebutkan posisi sebagai orang nomor 1 di kota Pariaman. Beberapa tokoh tersebut antara lain: mulai dari Genius Umar yang merupakan wali kota Pariaman terpilih periode 2019-2024 yang berstatus petahana.

Selanjutnya ada wakil Wali kota Pariaman periode 2019-2024, Mardison Mahyuddin. Ada pula Muhammad Ridwan yang merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatra Barat hingga sosok Anwar Effendi yang merupakan pengusaha dan wakil ketua LKAAM kab Padang Pariaman yang diprediksi akan meramaikan pemilihan umum wali kota Pariaman periode 2024-2029.

Berdasarkan empat kandidat calon wali kota Pariaman yang diprediksi maju dalam pemilihan wali kota Pariaman pada tahun 2024 mendatang, ada dua nama kandidat yang diprediksi akan bersaing ketat untuk menjadi calon wali kota Pariaman. Beliau adalah Genius Umar yang merupakan Wali kota petahana yang terpilih pada pemilihan Wali kota Pariaman Tahun 2019 diprediksi akan mendapatkan hasil yang cukup positif pada pemilihan wali kota Pariaman tahun 2024.

Alasannya lantaran Genius Umar mendapatkan banyak simpatik dari banyak masyarkat kota Pariaman yang dinilai puas dengan hasil kinerja Genius Umar selama memimpin sebagai Wali kota Pariaman periode 2019-2024. Bagaimana tidak, program-program yang dijanjikan semasa kampanye mampu direalisasikan dengan baik mulai dari program kesehatan gratis, sekolah gratis, program kesejahteraan guru honor PAUD/TK/SD/SMP dan juga Pengembangan water front city di kota Pariaman yang telah mencapai 100%.

Baca Juga :  Randang Pensi; Kuliner Tradisional Nagari Batu Taba, Tanah Datar

Selain program tersebut, pada tahun 2022 kota Pariaman mampu meraih prestasi sebagai kota percontohan nasional se-Indonesia. Dengan banyaknya kesejahteraan yang diperoleh oleh masyarkat kota Pariaman selama kepemimpinan Genius Umar bukan tidak mungkin pada pemilihan Wali Kota Pariaman tahun 2024 Genius Umar diprediksi menjadi kandidat terkuat dalam elektabilitas tertinggi sebagai calon Wali Kota Pariaman periode 2024-2029.

Selain nama Genius Umar, nama wakil wali kota Pariaman terpilih periode 2019-2024, Mardison Mahyuddin diprediksi menjadi kandidat pesaing terkuat Genius Umar dalam pemilihan umum wali kota Pariaman periode 2024-2029 nanti. Bukan hal yang tidak mungkin, Mardison Mahyudin yang merupakan wakil wali kota Pariaman yang mendampingi Genius umar sebagai wali kota Pariaman akan mendapatkan tren positif dari masyarakat kota Pariaman karena Mahyudin mampu dan berhasil memimpin kota Pariaman selama satu periode kepemimpinanya dengan pasanganya Genius umar.

Keberhasilan program kerja yang dijanjikan saat kampanye mampu dibuktikan sehingga masyarakat kota Pariaman puas dengan hasil kinerja Mardison dan pasanganya Genius Umar dalam memimpin kota Pariaman selama satu periode pemerintahanya.

Tetapi dalam politik, semuanya masih bisa terjadi. Namun fakta menunjukkan bahwa incumbent masih kuat jika ingin lanjut. (*)

Print Friendly, PDF & Email