Oleh: St.Syahril Amga, SH,MH
Tanah Datar, Jurnal Minang. Dek karano maraso hebat dirubahnya susunan adat nan lah disusun “Sipokok”. Adapun keahlianya hanya bapantun-pantun. Sedangkan ia mungkin tidak tahu apa itu Pati Ambalau dalam adat nan sabatang panjang.
Demikian antara lain penilaian seorang guru besar Prof.DR.lr.Puti Reno Raudha Tuljannah Thaib terhadap Mak Katik yang merubah susunan acara dalam acara sakral Amardin Dt.Nyato Nan Kuniang, Senin, malam 28 Juli 2025 dalam menjawab pertanyaan Jurnal Minang.
Acara Pati Ambalau itu terhadap Amardin dengan gelar Dt.Nyato Nan Kuniang itu, Minggu tgl 13 Juli 2025 di Barulak Kec.Tanjuang Baru.
Tindakan Mak Katik itu dapat dikatakan karena merasa hebat. Oleh sebab itu, ia tidak ragu-ragu merubah pointer-pointer acara yang telah disusun oleh “Silang Nan Ba pangka Karajo Nan Bapokok”. Sedangkan item-item acara dalam acara Pati Ambalau Dt.Nyato Nan Kuniang itu sudah disusun oleh ahli-ahli adat sebelumnya.
Acara itu menurut para panitia tersebut disusun berdasarkan adat nan sabatang panjang. Adat nan sabatang panjang itu adalah adat nan babuhuo mati. Adat nan babuhuo mati itu tidak boleh dirubah-rubah, ungkap panitia acara itu lagi.
Adat nan sabatang panjang adalah yang dilahirkan oleh Sijatang Sutan Balun yang kini dikenal bergelar Dt.Prapatieh Sabatang jo Sutan Palito Basa nan bagala Dt.Katumangguangan. Jasa niniak moyang itu baru kini didengar dirubah. Orang yang merubah ketentuan adat nan sabatang panjang dapat dikatakan tidak menghargai jasa pahlawan ke-Minangkabauan, khusus nya dalam bidang adat.
Merubah adat nan sabatang panjang itu hanya karena ketidaktahuannya akan seluk beluk adat. Sebab orang yang beradat kalau akan merubah sesuatu selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan si “Pokok”. Mak Katik kenyataannya langsung merubah dan tanpa memberitahukan kepada “Silang Nan bapangka”, ungkap sejumlah sipokok.
Kalau bapantun-pantun memang gawe nya Mak Katik. Bahkan kabarnya Mak Katik pernah badendang keluar negeri. Namun dalam bidang adat alun lai, contohnya dapat dibayangkan kata orang tuo Amardin Dt.Nyato Nan Kuniang yang sakral dan fundamental dibuang oleh Mak Katik.
Agak satu pun dari 4 (empat) janji dalam acara Pati Ambalau atas Amardin Dt.Nyato Nan Kuniang itu tidak ada disebutkan Mak Katik. Malah Mak Katik hanya bapidato dan dalam pidatonya yang terbatah-batah itu tidak pula jelas ujudnya. Namun yang dilakukannya itu disebut oleh Mak Katik Pati Ambalau.
Dalam acara Pati Ambalau itu ada lapaz sumpah Panghulu Adat yang harus diucapkan. Sementara dalam acara yang disebut Pati Ambalau oleh Mak Katik itu tidak ada dilahirkannya lapaz sumpah menurut adat nan sabatang panjang. Sedangkan sumpah tersebut harus dilaksanakan.
Sumpah itu penting dalam acara Pati Ambalau apalagi “Syari’at pandangan nya to – Hakikat lurahnyo dalam. Bahimpun adat jo agamo agar sehat rohani lua jo da lam. Hal itu berkaitan erat dengan falsafah adat basondi syarak – Syarak basondi ki tabullah, ungkapnya lagi.
Oleh karena itu percuma Amardin jadi Panghulu adat, tanpa janji dan tanpa sumpah. Kendatipun acaranya untuk di Pati Ambalau itu sudah berbulan-bulan kami persiapkan, jelasnya lagi. “Minyak abih samba tak lamak” atau ulah nila nan satitiak rusak susu sabalango. (Red.Jm)
