Peringati Hari Santri, Rektor UIN Batusangkar Pimpin Apel Hari Santri Nasional

Batusangkar, Jurnal Minang. Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Delmus Puneri Salim, Ph.D. pimpin Apel Hari Santri Nasional tahun 2024 yang dipusatkan di lapangan utama kampus II, Selasa (22/10/2024).

Hadir peserta Apel, Wakil Rektor, Plt KaBiro, Dekan, Direktur, Wakil Dekan, Ketua Lembaga, SPI, Kabag, Kasubbag, Dosen, Tendik serta mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Dalam amanat pembina Apel, Rektor Prof. Delmus menyampaikan, ini momentum bagi kita semua untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah”
Adapun Hari Santri 2024 ini mengusung tema, “Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan”, sebut rektor ketika bacakan sambutan Menteri Agama RI, Prof. Dr. KH. Nasarudin Umar, MA.

Lebih lanjut Rektor Delmus Puneri Salim mengajak seluruh peserta apel untuk mensyukuri nikmat Allah SWT yang telah memberi kesempatan memperingati Hari Santri tahun ini.
Beliau menegaskan pentingnya mengenang peristiwa bersejarah seperti Resolusi Jihad yang dimaklumatkan oleh Kiai Haji Hasyim Asyari pada 22 Oktober 1945.

Resolusi tersebut menjadi api semangat bagi kaum santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, yang puncaknya terjadi pada 10 November 1945, dikenal sebagai Hari Pahlawan.
Perjuangan santri masa kini tidak lagi dengan senjata, melainkan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. “Jika dulu santri berjuang melawan penjajah, kini mereka berjuang melawan kebodohan dan kemunduran,” sambungnya.

Sebagai penutup, Prof. Delmus menyampaikan harapannya agar santri Indonesia terus berkontribusi secara positif, dengan optimisme bahwa santri Indonesia dapat menjadi generasi yang hebat dan terdepan dalam pembangunan bangsa. (Doni/Red.Jm)

Baca Juga :  DPRD Tanah Datar Gelar Rapat Paripurna Tanggapan Bupati atas Pandangan Umum Fraksi tentang Ranperda