Opini Oleh: Sts.Dt.Rajo lndo, S.H.M.H
Adat nan Sabatang Panjang tidak obah nya bagaikan Undang undang dasar dalam suatu negara. Sedangkan adat nan Salingka Nagari adalah aturan yang di bawahnya. Undang undang yang dibawah itu tidak boleh bertentangan dengan Undang undang yang lebih tinggi.
Sebenarnya kalau kita berbicara tentang itu di Minangkabau sudah dijelaskan oleh tonggak sejarah adat Minangkabau. Tonggak sejarah itu dikenal dengan empat-em pat. Adat ampek, Nagari ampek, hukum ampek, dst. Yang disebut adat nan ampek itu sbb; 1.Adat nan sabananyo adat, 2. Adat nan teradat, 3. Adat nan diadatkan, 4. Adat istiadat. Atas yang 4 ini sering diparalelkan, tau jo nan ampek. Sebaliknya jangan sampai tidak tahu dengan yang empat atau indak tau jo nan ampek.
Penjelasan.1. Adat nan sabananyo adat adalah yang sifatnya sunnahtullah. Contohnya antara lain, sifat api membakar, sifat air membasahi. 2. Adat nan teradat, ini adalah yang dibuat dan dicetuskan oleh Dt.Parpatieh Sabatang jo Dt.Katumangguangan. Contohnya antara lain, iduik batampek mati bakubua, Kaum ba Panghulu, dasar pakaian Panghulu itam. Adat yang 2 ini diberlakukan se Alam Minangkabau dan babuhua mati, dibubuik indak layua dianjak indak mati, tidak bisa dirubah-rubah. Siapa yang merubah akan dimakan sumpah nan bak ibarat tanam-tanaman. Ka ate indak bapucuak, ka bawah indak baurek, di tangah dilariak kumbang, iduik nan bak karakok tumbuah di batu. Iduik anggak mati indak namuoah, kok mati indak ditarimo Bumi.
Penjelasan.3. Adat nan diadatkan. Adat nan diadatkan ini adalah yang dibuat oleh datuak-datuak dalam suatu Nagari. Kemudian disetujui oleh pemuka pemuka masyarakat Nagari. Setelah itu baru dapat diaplikasikan dalam Nagari.
Penjelasan.4. Adat istiadat. Adat istiadat ini dibu at oleh seniman yang sifatnya menghibur. Untuk diterapkan juga harus disetujui oleh pemuda pemudi serta direstui oleh pemuka masyarakat setempat bersama Panghulu Adat dalam Nagari.
Sementara adat nan diadatkan dengan adat istiadat berlakunya hanya dalam Nagari yang membuatnya saja, karena itu disebut “Adat Salingka Nagari”. Adat “Saling ka Nagari” itu sebagaimana dijelaskan oleh mamang adat yang berbunyi. Masak lah padi rang Singkarak, masaknyo batangkai tangkai, satangkai jarang ado nan mudo. Kabek sabalik babuhua sintak, jarang urang nan maungkai, kok tibo maso rarak sandirinyo.
Contohnya, dulu setiap acara baralek/pesta perkawinan dalam suatu Nagari diadokan kesenian Randai, Saluang, Dendang, Kucapi. Setelah itu tanpa ada perintah agar dirubah bertukar saja dengan Band, di Sumbar dikenal dengan Band Limston. Tau-tau bertukar pula dengan Orgen Tunggal dan bertukar pula dengan Kasidah dan Rabana.
Adat nan Sabatang Panjang yang dibuat oleh arsitektur adat itu tetap dan tidak berubah-rubah. Panghulu Adat itu adalah menurut adat nan Sabatang Panjang. Mandirikan Panghulu Adat itu adalah merealisir perintah adat nan Sabatang Panjang. Justru itu apa yang diwajibkan oleh adat nan Sabatang Panjang dalam Pangukuhan Panghulu Adat itu tidak boleh dirubah-rubah. Yang diwajibkan dalam Pangukuhan Panghulu Adat menurut Adat nan Sabatang Panjang itu tidaklah banyak, hanya sebagai berikut;
I).Orang yang Mangukuhkan Panghulu Adat itu minimal wajib menjelaskan tiga dari inti arti pakaian Panghulu nan 9 macam, II).Orang yang mangukuhkan wajib menuntun yang dikukuhkan melapazkan 4 janji Panghulu itu. Pertama, akan mamaliharo Sako jo Pusako jan sampai rusak. Kedua, akan manjago anak kamanakan. Ketiga, akan melestarikan adat nan Sabatang Panjang. Ke empat akan membudayakan adat nan Salingka Nagari selagi masih sesuai dengan situasi dan kondisi zaman.
III). Orang yang mangukuhkan Panghulu Adat itu wajib menuntun yang dikukuhkan itu mengucapkan sumpah dengan sempurna, 4). Orang yang mangukuhkan wajib me lakukan Pati Ambalau terhadap yang dikukuhkan itu dengan do’a khusus untuk itu.
Yang empat ini memang syakral akan tetapi yang syakral itu diantaranya yang akan menimbulkan wibawa, harkat, martabat, serta karisma serta harga diri Panghulu Adat itu. Begitu menurut adat nan Sabatang panjang. Kecuali ada keinginan terselubung agar Panghulu Adat di Minangkabau tidak berwibawa dan tidak dihargai lagi.
Tentu saja yang wajib dilakukan menurut adat nan Sabatang panjang itu ditinggalkan begitu saja. Namun pada waktunya kita yakin anak kamanakannya akan ikut-ikutan tidak menghargai datuaknya. Apalagi datuak itu tidak pula berwibawa dan tidak berkharisma, semoga. (*)
